Promosikan Balut Filipina, Selebgram Bretman Rock Tuai Pro Kontra

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 20 Jul 2021 18:00 WIB
Promosikan Balut Filipina, Selebgram Bretman Rock Tuai Pro Kontra Foto: TikTok Bretman Rock
Jakarta -

Dikenal sebagai beauty influencer dan selebgram ternama, Bretman Rock ajarkan penggemarnya makan balut. Berupa hidangan ekstrem khas Filipina yang populer di Asia.

Bagi sebagian orang, balut merupakan hidangan ekstrem yang menjijikkan bahkan bikin mual. Menu yang jadi jajanan favorit warga Filipina ini merupakan telur itik atau bebek yang berisi embrio bebek yang hampir sempurna.

Baca Juga: Begini Cara Menyantap Balut, Embrio Bebek Khas Filipina

Bentuk telurnya sudah menyerupai daging bebek dan aromanya cukup amis. Hidangan embrio telur bebek ini tak hanya populer di Filipina, tapi juga di beberapa negara Asia Tenggara seperti Kamboja sampai Vietnam.

Promosikan Balut Filipina, Selebgram Bretman Rock Tuai Pro KontraPromosikan Balut Filipina, Selebgram Bretman Rock Tuai Pro Kontra Foto: iTour

Meski menimbulkan pro dan kontra, hidangan balut tetap jadi favorit. Bahkan selebgram Bretman Rock asal Filipina yang menetap di Amerika ikut mengajarkan para penggemarnya cara menyantap telur balut yang merupakan salah satu makanan favoritnya.

Dilansir dari Yahoo (17/07), Bretman lewat video TikToknya menjelaskan apa itu balut. Balut yang dimakannya lebih dulu direbus. Tak hanya sebagai penikmat makanan saja, Bretman tahu perbedaan antara rasa balut dari embrio bebek betina dan jantan.

"Bentuk dari balut jantan dan betina itu berbeda. Saya belajar hal ini dari ayah saya. Jadi apa yang ada di dalam telur ini? Tentu saja ada bebek..tapi dalam keadaan mati," jelas Bretman sambil menunjukkan telur balut ke jutaan penggemarnya di berbagai negara.

Dengan perlahan, Bertman membuka cangkang balut kesukaannya lalu menyeruput air kaldu dari dalam telur. Setelahnya baru ia menyantap bagian embrio bebek yang lembek dan sedikit kehitaman.

Agar rasanya tidak terlalu hambar, ia menambahkan garam dan terkadang cuka pedas untuk memperkaya rasa.

Promosikan Balut Filipina, Selebgram Bretman Rock Tuai Pro KontraPromosikan Balut Filipina, Selebgram Bretman Rock Tuai Pro Kontra Foto: TikTok Bretman Rock

Karena sesi videonya ini, kolom komentarnya dipenuhi dengan banyak pujian karena Bretman masih mempopulerkan kuliner tradisional Filipina. Bahkan banyak yang menyebutkan bahwa balut merupakan salah satu makanan terenak di dunia.

Tentunya komentar ini diselingi dengan kritikan netizen, yang menganggap bahwa menyantap embrio bebek yang belum lahir adalah hal yang kejam.

"Saya justru merasa kasihan dan tak tega dengan bebeknya. Mereka sudah disantap dan dibunuh sebelum lahir," kritik salah satu netizen.

"Meski mengundang pro dan kontra, tapi orang-orang yang meninggalkan komentar negatif di sini harusnya bisa lebih menghargai budaya dan kuliner di setiap negara. Meskipun hidangan itu tampak menjijikkan," bela netizen.

"Dibandingkan merasa jijik atau mual, saya justru dibuat penasaran dan tertarik ingin mencoba telur balut ini," pungkas netizen lainnya.

Terlepas dari pro dan kontra hidangan balut ini, Bretman tetap santai dan melanjutkan video-video selanjutnya. Ia seolah tidak mempermasalahkan komentar negatif tentang makanan kesukaannya tersebut.

Baca Juga: Balut Makanan Paling Kontroversial di Dunia, Ini Telur Isi Embrio Bebek



Simak Video "Berani Jajal Kue Cacing Ini?"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com