Ajaib! Buah Mungil Ini Bisa Bikin Rasa Makanan Asam Jadi Manis

Devi Setya - detikFood Senin, 19 Jul 2021 14:00 WIB
Ajaib! Buah Mungil Ini Bisa Bikin Rasa Makanan Asam Jadi Manis Foto: Odditty Central
Jakarta -

Buah mungil berwarna merah ini dikenal dengan nama Miracle Berry atau populer juga dengan sebutan buah ajaib. Makanan yang rasanya sangat asam akan terasa manis jika disantap dengan buah ini.

Synsepalum dulcificum, alias buah ajaib atau berry ajaib adalah tanaman unik yang dikenal menghasilkan buah-buahan yang bisa merubah makanan asam menjadi manis. Buah ini sudah lama dikonsumsi sebagai penawar rasa asam pada makanan asam.

Dilansir dari Oddity Central (16/7) buah ini sudah dikonsumsi selama berabad-abad oleh suku asli Ghana, di Afrika Barat. Masyarakat suku ini mengandalkan buah ini untuk mempermanis makanan atau minuman yang rasanya asam.

Ajaib! Buah Mungil Ini Bisa Bikin Rasa Makanan Asam Jadi ManisAjaib! Buah Mungil Ini Bisa Bikin Rasa Makanan Asam Jadi Manis Foto: Odditty Central

Kemudian pada tahun 1968, para peneliti menemukan protein miraculin yang terkandung dalam buah ini. Kandungan nutrisi dalam buah berry ajaib ini membuat buah tersebut istimewa karena menghasilkan rasa super manis di lidah.

Miraculin pada dasarnya bekerja ada indera pengecap, berbagai makanan yang seharusnya terasa asam, seperti lemon atau cuka akan berubah menjadi manis atau bahkan terlalu manis jika dimakan bersama miracle berry. Rasa manisnya juga dapat bertahan hingga 60 menit setelah dimakan.

Ketika daging buah dimakan, molekul miraculin mengikat indera perasa pada lidah. Pada pH netral, miraculin mengikat dan memblokir reseptor di lidah tetapi ketika pH menjadi rendah yakni saat makan makanan asam miraculin mengikat protein dan mengaktifkan reseptor manis. Inilah yang membuat lidah merasakan manis meskipun makan makanan sangat asam sekalipun.

Para peneliti di Universitas Tokyo juga menemukan bahwa protein miraculin bukan hanya mengubah rasa asam menjadi manis tapi juga dapat mengubah rasa pahit menjadi tawar. Sayangnya di Amerika Serikat, miraculin telah diberi label sebagai aditif oleh FDA, sehingga tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi secara bebas.

Ajaib! Buah Mungil Ini Bisa Bikin Rasa Makanan Asam Jadi ManisAjaib! Buah Mungil Ini Bisa Bikin Rasa Makanan Asam Jadi Manis Foto: Odditty Central

Karena bisa membuat makanan asam menjadi terasa manis, miraculin disinyalir dapat mengurangi konsumsi gula. Di Jepang, tren ini sangat populer di kalangan para pelaku diet. Kini buah miracle berry banyak diolah menjadi tablet sehingga tak perlu mencari buah dalam bentuk segar.

Tapi banyak juga yang penasaran dan ingin mencoba efek langsung dari buah ini. Setelah makan miracle berry, orang akan mencoba makan makanan asam untuk membuktikan efeknya.



Simak Video "Masak Masak: Tips Potong Dadu Buah Nanas"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com