30 Resep Daging Kambing & Sapi Idul Adha

5 Alat Membuat Sate Kambing yang Bisa Diantar ke Rumah

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 17 Jul 2021 13:00 WIB
5 Sate Ini Disebut Paling Enak di Dunia, dari Yunani hingga Indonesia Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Bikin sate saat hari raya Idul Adha, memang jadi aktivitas seru bersama keluarga. Agar satenya lebih enak, bisa beli peralatannya via toko online yang langsung diantar ke rumah.

Tak perlu repot-repot ke pasar untuk membeli peralatan persiapan panggang sate saat Idul Adha. Kini toko online semakin canggih dan lengkap, durasi pengiriman dari penjual ke rumah pembeli juga cukup singkat.

Di masa PPKM ini, lebih baik memang belanja kebutuhan di rumah. Nah, buat yang sedang cari tusuk sate, panggangan, sampai alat-alat untuk buat sate lainnya bisa kunjungi beberapa toko online di bawah ini. Pastinya harga yang ditawarkan juga tetap terjangkau, dan proses pengirimannya cepat.

Berikut lima peralatan untuk panggang sate saat Idul Adha yang bisa dibeli via toko online.

1. Tusuk Sate

Sate merupakan makanan tradisional yang digemari masyarakat. Bayangkan, berapa juta tusuk sate yang dibutuhkan setiap harinya?Ilustrasi Tusuk Sate Foto: Erliana Riady

Jadi benda yang paling wajib saat akan membuat sate. Tusuk sate dari bambu ini bisa ditemukan di banyak toko online dengan mudah, dan kisaran harganya juga bervariasi tergantung banyaknya tusuk sate yang dipilih.

Selain tusuk sate regular untuk daging. Beberapa toko online juga menyediakan tusuk sate jumbo, yang panjangnya bisa sampai 40 cm. Tersedia juga tusukan kayu yakitori, buat orang-orang yang ingin memangang sate gaya Jepang saaat Idul Adha nanti.

Untuk harga tusuk sate regular seberat 500 gram, harganya sekitar Rp 10.000. Kalau mau tusuk sate jumbo ukuran 40 cm, harganya sekitar Rp 16.000 untuk 100 tusuk. Sementara tusukan sate dayung atau jenis yakitori harganya sekitar Rp 25.000 per 100 tusuk. Cek link produk onlinenya di sini.

2. Panggangan Disco

Resep Udang Bakar Bumbu MinimalisResep Udang Bakar Bumbu Minimalis Foto: dok.detikFood

Dikenal juga dengan nama magic roaster, panggangan yang satu ini tak pernah lekang oleh waktu. Meski sudah ada sejak dulu, tapi masih banyak orang-orang yang menggunakan panggangan ini untuk pesta BBQ-an, sampai buat panggang sate praktis di hari raya Idul Adha.

Bentuknya bulat dengan panggangan besi di atasnya. Di bawahnya terdapat lempengan besi untuk penghantar panas dari api. Biasanya panggangan disco ini digunakan untuk memanggang sate ayam sampai sate udang.

Bisa juga lho membakar ikan di sini dan matangnya juga merata. Untuk masalah harga, panggangan disco jauh lebih murah dibandingkan panggangan lainnya. Kisaran harganya dari Rp 30.000 - Rp 150.000. Tersedia di toko online. Cek link produk onlinenya di sini.

3. Panggangan Arang

Laris! Sate Pertok Langganan Ahmad Dhani Laku 10 Ribu Tusuk SehariIlustrasi panggangan arang. Foto: detikfood

Bagi kamu yang lebih suka panggangan tradisional, tenang saja. Kini banyak toko online yang menjual panggangan arang tradisional. Bentuknya mirip seperti panggangan tukang sate.

Panggangan ini terdiri dari besi dan kawat untuk memanggang daging atau sate. Cara penggunaannya masih menggunakan arang dan kipas. Untuk harganya panggangan ini berkisar di angka Rp 60.000.

Kalau mau yang lebih murah, bisa beli panggangan portable yang juga menggunakan arang. Tapi panggangan ini bisa dilipat sehingga mudah untuk dibawa ke mana-mana. Kisaran harganya sekitar Rp 50.000. Cek produk online di sini.

4. Arang

Pemanfaataan arang batok kelapa dilakukan pemuda asal Rawamerta, Karawang. Ia memproduksi briket organik dan mengekspornya ke sejumlah negara Eropa dan Timur TengahIlustrasi arang organik. Foto: Luthfiana Awaluddin

Tentunya ada yang tidak lengkap memanggang sate dengan panggangan arang, tanpa arangnya. Arang dikenal bisa membuat aroma makanan terutama daging menjadi lebih 'smokey', atau beraroma. Pakai arang juga membuat matang sate lebih sempurna. Kebanyakan orang menggunakan arang kayu atau arang batok kelapa untuk memanggang sate.

Kini tak perlu repot-repot ke pasar, karena di toko onlne sudah banyak penjual arang yang bisa dikirim ke rumah dalam waktu singkat. Kisaran harga arang juga tergantung sesuai dengan jenis arang yang dipilih. Mulai dari arang kelapa, arang kayu, sampai arang briket semuanya tersedia.

Kisaran harganya ada yang dari Rp 15.000 sampai Rp 20.000 untuk harga briket arang sisa ekspor. Cek produk onlinenya di sini.

5. Paket Alat Sate Lengkap

Cara Buat Sate AyamIlustrasi sate Foto: iSt

Buat yang tidak mau ribet, di toko online juga banyak yang menjual paket alat sate lengkap. Mulai dari kipas sate, tusuk sate, panggangan portable, arang sampai pelengkap lainnya yang harganya terjangkau.

Kalau mau pesan paket alat sate ekonomis, bisa siapkan budget sekitar Rp 85.000. Paket ini sudah termasuk alat panggang besi, ikat tusuk sate, kipas bambu dan arang 500 gram untuk bakar-bakar seru di hari Idul Adha nanti. Cek produk onlinenya di sini.



Simak Video "Sensasi Makan Sate Bebek yang Panjangnya Setengah Meter"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com