Foto Penjual Sate Lawas Ini Disebut Mirip Penjual Sate Taichan Kekinian

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 17 Jul 2021 11:00 WIB
Laris! Sate Pertok Langganan Ahmad Dhani Laku 10 Ribu Tusuk Sehari Foto: detikfood
Jakarta -

Jadi makanan favorit warga Indonesia sejak tempo dulu. Sate memang tak pernah kehilangan penggemarnya. Bahkan foto lawas penjual sate di tahun 50-an ini, disebut mirip seperti penjual sate taichan kekinian.

Konsepnya sama meski kini penampilan penjual sate lebih modern. Dulu di tahun 1950-an, banyak ditemukan penjual sate keliling yang menggunakan pikulan. Terutama di kota-kota besar seperti Jakarta.

Baca Juga: Seperti Inilah Suasana Restoran di Tahun 1900-an

Meski sajian satenya tak semeriah sate masa kini, namun foto-foto lawas penjual sate dari 70 tahun yang lalu ini tetap mengundang perhatian netizen. Terutama setelah foto koleksi University of Wisconsin Milawaukee Library ini, diunggah ulang oleh akun Potolawas.

"Indonesia, seorang pria membuat sate di atas peti kayu di Jakarta sekitar tahun 1950," tulis keterangan foto tersebut.

Foto Penjual Sate Lawas Ini Disebut Mirip Penjual Sate Taichan KekinianFoto Penjual Sate Lawas Ini Disebut Mirip Penjual Sate Taichan Kekinian Foto: Arsip University of Wisconsin Milawaukee/Forman Harrison

Tampak seorang pria muda duduk di atas kotak kayu, sambil menusukkan potongan daging dan lemak. Dilihat dari tampilannya pria itu seperti tengah membuat dagin sate kambing dan selipan lemak.

Namun banyak juga yang berpendapat bahwa penjual sate lawas ini tengah membuat sate ayam. Beberapa bahkan salah fokus, dan mengatakan penjual sate ini mirip seperti penjual sate taichan kekinian di daerah Senayan, Jakarta.

"Sate taichan versi jadul wkwkwkw," tulis salah satu netizen, yang disetujui netizen lainnya.

"Jadi kangen dulu suka beli sate kambing dipikul lewat depan rumah, pas sudah malam. Ingat waktu SMP," curhat salah satu netizen. Di mana sate pikulan yang keliling sudah mulai langka ditemukan di Jakarta. Kebanyakan pedagang sate keliling kini sudah menggunakan gerobak dorong yang lebih praktis dan modern.

"Tapi jadi penasaran sih sama rasa sate lawas di tahun 1950-an. Kira-kira rasanya sama gak ya sama sate yang kita makan pas sekarang?" tanya netizen lainnya penasaran.

"Kira-kira itu harga satenya berapaan ya? Berapa perak, terus gimana cara manggangnya. Kepo jadinya hahaha," tulis netizen.

Foto Penjual Sate Lawas Ini Disebut Mirip Penjual Sate Taichan KekinianFoto Penjual Sate Lawas Ini Disebut Mirip Penjual Sate Taichan Kekinian Foto: Arsip Facebook Potolawas

Selain foto penjual sate lawas yang disebut mirip seperti penjual sate taichan. Akun Facebook Potolawas juga mengunggah berbagai foto pedagang makanan lawas lainnya, yang membawa orang-orang untuk bernostalgia dan kembali ke tempo dulu.

Seperti foto-foto jadul pedagang pasar tradisional yang menjual aneka sayuran dari kacang panjang, kembang kol, bawang, cabe hingga tomat.

Sampai penjual es tebu tradisional hingga petani yang membawa hasil panen mereka dengan cara dipukul menggunakan keranjang kayu sederhana.

Tak hanya foto penjual makanan lawas saja yang viral. Sebelumnya di TikTok, ada video viral yang membahas tentang beberapa restoran Chinese food tertua dan legendaris di Jakarta yang dibuka sejak tahun 1925-an.

Baca Juga: 5 Restoran Chinese Food Bersejarah di Jakarta, Ada yang Eksis Sampai Sekarang!



Simak Video "Sate Taichan Sambal Terasi"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com