5 Restoran Chinese Food Bersejarah di Jakarta, Ada yang Eksis Sampai Sekarang!

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 04 Jul 2021 17:00 WIB
5 Restoran Chinese Food Bersejarah di Jakarta, Ada yang Eksis Sampai Sekarang! Foto: Site News/Visual
Jakarta -

Berjaya di tahun 1950-an, banyak restoran Chinese food yang sempat jadi ikon kuliner kota Jakarta tempo dulu. Meski sudah ada yang tutup, tapi masih ada yang eksis sampai sekarang.

Jauh sebelum Jakarta dipenuhi dengan kafe dan restoran kekinian yang modern. Kota ini sejak dulu memang punya spot banyak makanan enak, terutama makanan Chinese food yang dulu sangat kental dengan percampuran budaya kuliner lokal dan Tionghoa.

Puluhan tahun berlalu, beberapa restoran khas China di Jakarta ini memang sudah ada yang tinggal nama dan kenangan saja. Tapi lewat video yang diunggah akun TikTok @kwa_yichen7, banyak netizen yang kembali mengenang restoran-restoran khas China di Jakarta tempo dulu.

Berikut 5 restoran Chinese Food yang dulu populer dan bersejarah di Jakarta pada tahun 1950-an.

Baca Juga: Menikmati Hidangan Kanton Autentik dari Resto Legendaris di Jakarta


1. Restoran Kam Leng

Chinese Food whole fish steamed with ginger, scallion and soy sauce, served on a platter with head and tail complete.Chinese Food whole fish steamed with ginger, scallion and soy sauce, served on a platter with head and tail complete. Foto: Istock

Terletak di daerah Pancoran, Glodok. Pada tahun 1950-an, Restoran Kam Leng menjadi salah satu tempat makan paling populer dan elite di Jakarta. Restoran yang menyajikan hidangan khas China autentik ini, membawa banyak bahan-bahan makanan langsung dari Negeri Tirai Bambu.

Hampir semua makanan yang disajikan di Restoran Kam Leng berkiblat ke hidangan Kanton. Seperti Hey Wong Isit atau sirip ikan, kemudian ada angsiu, kepiting asparagus dan masih banyak lagi.

Meski kini Restoran Kam Leng sudah menjadi kenangan. Bangunan restoran sederhana khas tempo dulu milik Kam Leng sudah menjadi ruko modern yang memenuhi hiruk pikuk di daerah Glodok. Kini hanya tersisa foto-foto kejayaan restoran Kam Leng tempo dulu di Jakarta.


2. Restoran Eka Ria

5 Restoran Chinese Food Bersejarah di Jakarta, Ada yang Eksis Sampai Sekarang!5 Restoran Chinese Food Bersejarah di Jakarta, Ada yang Eksis Sampai Sekarang! Foto: Site News/Visual

Restoran Eka Ria dulu lebih dikenal dengan nama Restoran Jit Lok Jun. Pertama kali berdiri di tahun 1925, tepatnya di kawasan Glodok tak jauh dari Restoran Kam Leng berdiri. Awalnya restoran khas China ini didirikan oleh Bapak Tjoeng Tan.

Kemudian pada tahun 1970, namanya berganti menjadi Restoran Eka Ria. Setelah sempat berpindah-pindah lokasi, kini Eka Ria tetap eksis dan beroperasi di wilayah BSD, Tangerang. Meski jauh dari Glodok, tapi semua hidangan dan rasa makanan yang ada di sini tak ada yang berubah.

Menu yang wajib dicoba kalau makan ke sini ada ayam goreng mentega, kodok cah batu, burung dara Jit Lok Jun, bebek Shanghai, hingga angsio pau hie yang autentik.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Chinese Food yang Pedas Nikmat di Long Feng Tang"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com