Gabut Saat Lockdown, Wanita Ini Sulap Balkonnya Jadi 'Restoran' Hot Pot

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 16 Jul 2021 18:00 WIB
Gabut Saat Lockdown, Wanita Ini Sulap Balkonnya Jadi ‘Restoran’ Hot Pot Foto: Fanny Lim via Says Malaysia
Jakarta -

Tinggal di apartemen membuat wanita ini punya area balkon mini. Ia menyulapnya jadi tempat menikmati hot pot supaya tak gabut saat lockdown.

Upaya menekan penyebaran COVID-19 juga dilakukan pemerintah Malaysia. Pihaknya memberlakukan sejumlah pembatasan aktivitas masyarakat atau dikenal dengan istilah Movement Control Order (MCO).

Prinsipnya serupa dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang berlaku di Indonesia. Masyarakat diminta untuk lebih banyak tinggal di rumah.

Tak bisa dipungkiri, rasa bosan kerap muncul saat menghabiskan sebagian besar waktu di rumah. Apalagi jika tinggal di tempat yang kecil seperti apartemen. Keterbatasan ruangan membuat rasa suntuk lebih sering muncul.

Hal ini dialami wanita Malaysia bernama Tammy Lim. Ia rindu makan di restoran sehingga putuskan menyulap balkon mini di apartemen tipe studionya menjadi area cozy layaknya di banyak restoran.

Gabut Saat Lockdown, Wanita Ini Sulap Balkonnya Jadi 'Restoran' Hot PotGabut Saat Lockdown, Wanita Ini Sulap Balkonnya Jadi 'Restoran' Hot Pot Foto: Fanny Lim via Says Malaysia

"Saya tentu tidak bisa membuat restoran (sungguhan), tapi bagaimana saya menikmati waktu makan, melepaskan diri dari hari-hari biasa, makanan sehari-hari yang perlahan-lahan menjadi menyedihkan," ujar Tammy Lim.

Ia memanfaatkan area balkon mininya untuk piknik, menikmati BBQ, meracik hot pot, menikmati afternoon tea, atau sekadar melepas penat dengan menghirup udara segar. Supaya suasananya semakin sempurna, ia memasang beberapa barang dekoratif.

Tammy Lim menambahkan tanaman-tanaman hias, payung kecil, serbet, dan alat makan unik yang dimilikinya. Inisiatif wanita yang bekerja di perusahaan kecantikan Korea ini ternyata disukai banyak orang.

Ia mengatakan biaya makan di 'restoran' mini miliknya tak jauh berbeda dengan biaya makan di restoran sungguhan. "Jika saya menyiapkan sendiri semuanya, kira-kira menghabiskan Rp 69 ribu - Rp 103 ribu untuk menikmati mookata di balkon. Biaya itu untuk membeli daging, ikan, dan sayuran," katanya.

Gabut Saat Lockdown, Wanita Ini Sulap Balkonnya Jadi 'Restoran' Hot PotGabut Saat Lockdown, Wanita Ini Sulap Balkonnya Jadi 'Restoran' Hot Pot Foto: Fanny Lim via Says Malaysia

Mookata merupakan hidangan populer khas Thailand dimana kamu bisa menikmati hot pot dan daging panggang (BBQ) dalam satu wajan. Terkadang, Fanny Lim juga membeli paket bahan mookata dari restoran jika ia menginginkan hidangan yang praktis dan lebih mewah.

Fanny Lim juga memberi tips untuk mereka yang mau membuat area tempat tinggal mininya lebih nyaman. "Selama MCO, saya mulai merapikan rumah saya untuk membuang barang-barang yang tidak diperlukan lagi," tuturnya.

Mulailah dari hal-hal kecil, kata Fanny Lim. "Lihat-lihat di internet tentang penawaran barang terbaik dan barang yang kamu butuhkan. Cari referensi dan inspirasi dari Google. Lihat apa yang kamu suka dan tidak," tuturnya.

Gabut Saat Lockdown, Wanita Ini Sulap Balkonnya Jadi 'Restoran' Hot PotGabut Saat Lockdown, Wanita Ini Sulap Balkonnya Jadi 'Restoran' Hot Pot Foto: Fanny Lim via Says Malaysia

Ia menambahkan, "Mulai dari satu area di rumah. Dari sana, kamu akan mendapat lebih banyak inspirasi tentang bagaimana kamu ingin membuatnya lebih personal atau nyaman. Jangan sampai stress dengan hal ini, nikmatilah proses transformasinya."

Fanny Lim mengaku senang dengan 'restoran' mini di balkonnya. "Selain makan hot pot/BBQ, kamu juga bisa menggelar piknik kebun di sini. Bayangkan kamu ada di resort, di Bali, atau di area urban yang ngehits. Imajinasi benar-benar membantu pengalaman makan di rumah jadi seperti 'petualangan,'" pungkasnya.



Simak Video "Berburu Jengkol di Jakarta Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com