Eksperimen Jajan Telur Gulung Rp 30 Ribu, Netizen Ini Kaget Lihat Ukurannya!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 16 Jul 2021 13:00 WIB
Eksperimen Jajan Telur Gulung Rp 30 Ribu, Netizen Ini Kaget Lihat Ukurannya! Foto: TikTok @ariwibxwk
Jakarta -

Telur gulung biasanya dijual Rp 1.000 hingga 2.000 per buah dengan ukuran yang tipis, namun netizen ini eksperimen membeli telur gulung Rp 30 ribu! Ukurannya sebesar apa ya?

Telur gulung merupakan jajanan kaki lima yang digemari sejak dulu hingga sekarang. Jajanan ini termasuk jajanan populer anak Sekolah Dasar (SD) karena penjualnya juga banyak yang nongkrong di depan sekolah.

Disebut telur gulung karena cara membuat telur ini benar-benar digulung. Penjual menuang adonan telur tipis dalam minyak panas dan banyak. Selanjutnya dengan menggunakan lidi, adonan telur itu digulung sampai menempel sempurna.

Biasanya proses menuang adonan sebanyak 2-3 kali, tergantung tingkat ketebalan yang diinginkan penjual. Kalau mau lebih tebal lagi, pembeli bisa 'request' ke penjual telur gulung.

Eksperimen Jajan Telur Gulung Rp 30 Ribu, Netizen Ini Kaget Lihat Ukurannya!Eksperimen Jajan Telur Gulung Rp 30 Ribu, Netizen Ini Kaget Lihat Ukurannya! Foto: TikTok @ariwibxwk

Harga per tusuk telur gulung di Jakarta dan sekitarnya Rp 1.000 hingga Rp 2.000 per buah. Harga ini bisa lebih murah di kota-kota lain di pulau Jawa.

Tertarik jajan telur gulung, netizen TikTok @ariwibxwk yang ada di Malang menyambangi penjual telur gulung kaki lima. Ia tidak membeli seribu dua ribu rupiah, tetapi senilai sepuluh ribu rupiah!

Videonya (9/7) viral hingga sudah ditonton 8 juta kali saat berita ini dibuat. Dikonfirmasi detikfood (15/7), pemilik akun bernama Ari membenarkan eksperimen telur gulung ini.

"Dari zaman kapan tahu gue tuh pengin eksperimen beli telur gulung segede ini," kata Ari di awal video. Ia membeli Rp 15.000 dan ingin tahu sebesar apa telur gulung yang bakal didapat, namun sayang penjual belum menyanggupinya.

Sebab wajan telur gulungnya kurang besar, minyaknya butuh lebih banyak, dan tusukannya harus lebih tebal dari lidi yang biasa dipakai. Akhirnya ia mendapat dua tusuk telur gulung, satu seharga Rp 10.000 dan satu lagi Rp 5.000.

Eksperimen Jajan Telur Gulung Rp 30 Ribu, Netizen Ini Kaget Lihat Ukurannya!Eksperimen Jajan Telur Gulung Rp 30 Ribu, Netizen Ini Kaget Lihat Ukurannya! Foto: TikTok @ariwibxwk

Terlihat telur gulung Rp 10.000 benar-benar jumbo, mirip corn dog namun lebih tebal. "Cukup tercengang, Rp 10.000 aja segede ini apalagi kalau yang Rp 15.000 dijadiin satu," kata Ari.

Saking tebalnya telur gulung Rp 10.000, dalam satu kali gigitan ia tidak bisa menyentuh lidi yang melilitnya. Pasalnya adonan telur seperti selimut tebal. Ari berujar, "Asli, ini dia tuh garing cuma agak sulit gitu loh pas ditariknya."

Tertarik dengan eksperimen telur gulung jumbo, Ari (15/7) kembali mendatangi penjual telur gulung. Ia berniat membeli Rp 20.000, namun disanggupi penjual sampai Rp 30.000.

Terlihat penjualnya sudah memakai wajan lebih besar. Ia juga menyediakan tusukan bambu yang jauh lebih tebal dari tusukan lidi.

Proses membuat telur gulung Rp 30.000 cukup memakan waktu karena adonan dituang satu per satu. Banyaknya sampai 60 kali tuang adonan!

Eksperimen Jajan Telur Gulung Rp 30 Ribu, Netizen Ini Kaget Lihat Ukurannya!Eksperimen Jajan Telur Gulung Rp 30 Ribu, Netizen Ini Kaget Lihat Ukurannya! Foto: TikTok @ariwibxwk

Telur gulung kemudian disirami banyak saos sambal dan kecap manis. Ari pun tertarik langsung mencicipi telur gulung Rp 30.000 ini.

Ia membandingkan ukuran telur gulung yang lebih besar dari kepalan tangannya. "Suapan ini full bener-bener satu mulut sama telur ini. Kayak tebel banget," komentarnya.

Netizen membanjiri video Ari dengan komentar. Mereka takjub dengan telur gulung jumbo yang dibeli Ari. Tak sedikit yang 'request' agar Ari mencoba eksperimen telur gulung lainnya.

"Bikin ngiler astagfirullah," kata seorang netizen. "Tangan bapaknya pegel tuh kayanya," sahut netizen lain. "(Beli) Rp 50.000 jadiin satu tusuk terus di dalamnya ditambah sosis Kanzler," 'request' seorang netizen. Nah, apakah kamu tertarik mencoba telur gulung jumbo?



Simak Video "Masak Masak: Resep Telur Gulung Korea Tebal dan Empuk"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com