Gara-gara Jalan Ditutup, Ojol Ini Minta Ongkir Tambahan ke Pelanggan

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 14 Jul 2021 19:30 WIB
Gara-gara Jalan Ditutup, Ojol Ini Minta Ongkir Tambahan ke Pelanggan Foto: TikTok/tyalistyyy
Jakarta -

PPKM Darurat membuat beberapa jalan ditutup. Akibat jalanan ditutup, netizen ini ditagih ongkir tambahan oleh pengemudi ojek online yang hendak antar makanan.

Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat membuat beberapa ruas jalan harus ditutup. Akibat penutupan tersebut beberapa pengemudi terpaksa harus memutar dan mencari jalan lainnya.

Bagi beberapa pekerja seperti kurir atau pengemudi ojek online, pembatasan seperti ini cukup menyulitkan. Pasalnya mereka harus memutar dan mencari jalan lain atau bahkan menempuh jarak yang lebih jauh untuk bisa melayani pelanggannya.

Dampak tersebut salah satunya dirasakan oleh netizen TikTok yang hendak memesan makanan untuk diantarkan ke rumahnya melalui aplikasi ojek online. Pengemudi ojol yang tidak mau rugi tersebut kemudian membebankan kepada pelanggannya.

Gara-gara Jalan Ditutup, Ojol Ini Minta Ongkir Tambahan ke PelangganGara-gara Jalan Ditutup, Ojol Ini Minta Ongkir Tambahan ke Pelanggan Foto: TikTok/tyalistyyy

Dilansir melalui akun TikTok @tyalistyyy (12/7) netizen TikTok bernama Yaya memesan sebuah seblak melalui aplikasi ojek online. Ketika makanan pesannya tengah diantarkan ia mendapatkan pesan dari pengemudi yang mengatakan bahwa jalan menuju rumahnya ditutup.

"Ini dilockdown ya ka... Musti muter lewat depan," tulis sang pengemudi.

"Iya pak. Jauh ya kalo muter?" jawab Yaya kepada pengemudi tersebut.

Baca juga: So Sweet! Ojol Ini Tempel Foto Keluarganya di Boks untuk Antar Makanan

Tidak disangka, pengemudi yang kesal akibat penutupan jalan tersebut mengeluhkan soal jarak pengantaran dan biaya ongkir. Menurutnya memutar balik akan sangat merepotkan terlebih ia tidak akan mendapatkan biaya ongkos kirim tambahan dari aplikasi tersebut.

Gara-gara Jalan Ditutup, Ojol Ini Minta Ongkir Tambahan ke PelangganGara-gara Jalan Ditutup, Ojol Ini Minta Ongkir Tambahan ke Pelanggan Foto: TikTok/tyalistyyy

"Ini repot saya ongkirnya nggak nambah soalnya. Muter lewat Krukut," tulis pengemudi tersebut.

Yaya yang telah bersedia untuk menambahkan ongkos kirimnya menjadi kesal karena pesan balasan pengemudi. Pengemudi ojol tersebut mengatakan bahwa ia tidak meminta ongkos kirim tambahan hanya saja meminta pengertian dari pelanggan.

"Saya nggak minta kak. Ini urusan grab. Cuma kakak ngerti (pengertian) aja. Di sini juga lagi hujan, kalo mau ditunggu," tulis pengemudi ojol kepada Yaya.

Gara-gara Jalan Ditutup, Ojol Ini Minta Ongkir Tambahan ke PelangganGara-gara Jalan Ditutup, Ojol Ini Minta Ongkir Tambahan ke Pelanggan Foto: TikTok/tyalistyyy

Dikonfirmasi oleh detikcom (14/7) Yaya juga menawarkan untuk membatalkan saja pesanannya jika kondisi hujan dan tidak memungkinkan untuk pengantaran makanan. Namun pengemudi ojol tersebut mengatakan bahwa jika pesanan tersebut dibatalkan ia tidak bisa menerima pesanan lainnya.

"Saya nggak bisa cancel. Kalo saya yang cancel nggak dapet orderan lagi. Anak istri saya bisa nggak makan," tulis pengemudi ojol.

Tidak mau memperpanjang masalah, Yaya langsung menyetujui penambahan ongkos kirim tersebut. Ia menawarkan ongkos kirim yang diberikan secara tunai dan meminta maaf karena ia pun lupa bahwa ada penutupan jalan.

Video tersebut telah ditonton hingga lebih dari 632 ribu pengguna TikTok lainnya. Pada kolom komentar juga terlihat kesal membaca pesan yang disampaikan oleh pengemudi tersebut.

"Gua ojol jujur kadang kalo nganter paket atau makanan yang ke komplek harus muter lebih jauh, tapi gak pernah tuh nyinggung ongkir. Harus banyak bersyukur," tulis akun @anasbwz02.

"Ojol tuh sama profesi yang lain itu sama kok, kenapa orang kalo ke ojol kayak bawaannya kasian terus tapi kalo aku baca chat ini kayak gimana gitu," tulis akun @tehtawarcelup.

Baca juga: Demi Dapat BTS Meal, ARMY Ini Rela Bayar Ongkir Lebih Mahal dari Harga Makanannya



Simak Video "Kericuhan Driver Ojol di McD Duren Sawit karena Antrean BTS Meal"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com