Mantan Guru Ini Jadi Kaya Setelah Jualan Yogurt di Kampung Halamannya

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 13 Jul 2021 14:31 WIB
Mantan Guru Ini Jadi Kaya Setelah Jualan Yogurt di Kampung Halamannya Foto: Facebook Frogurtz
Jakarta -

Sempat terpuruk karena tidak memiliki pekerjaan imbas dari pandemi. Mantan guru ini akhirnya jadi kaya raya, setelah sukses jualan yogurt di kampung halamannya.

Semenjak pandemi Corona menyerang dunia, jutaan orang kehilangan pekerjaan mereka. Salah satunya Mohammad Hafiznuddin Che Soh, mantan guru berusia 29 tahun yang menjadi pengangguran saat kehilangan pekerjaannya tahun lalu.

Baca Juga: Kisah 5 Pramugari Cantik yang Jualan Makanan Saat Pandemi

Dilansir dari SAYS (13/07), Hafiz awalnya bekerja sebagai guru vokal di salah satu sekolah internasional di Kuala Lumpur, Malaysia. Pekerjaan sejak tahun 2018 itu harus kandas, ketika pandemi membuat pihak sekolah menghentikannya.

"Saat pandemi menyerang, pihak sekolah harus menghentikan semua guru kontrak yang ada, termasuk saya. Saat itu sangat sulit bagi saya untuk bertahan hidup, apalagi tabungan saya terus berkurang. Akhirnya saya membuat keputusan untuk kembali ke kampung halaman dan tinggal bersama keluarga saya, sambil merintis usaha kecil-kecilan," ungkap Hafiz.

Mantan Guru Ini Jadi Kaya Setelah Jualan Yogurt di Kampung HalamannyaMantan Guru Ini Jadi Kaya Setelah Jualan Yogurt di Kampung Halamannya Foto: Facebook Frogurtz

Pilihan Hafiz jatuh kepada kedai yogurt. Ia membuka kedai Froogurtz miliknya beberapa bulan yang lalu. Di mana yogurt merupakan salah satu makanan favoritnya semasa kuliah dulu. Meskipun Hafiz tidak memiliki pengalaman apapun di bidang kuliner.

"Dulu saat masih kuliah, hampir setiap akhir pekan saya mencicipi frozen yogurt di sekitar kampus. Setelah saya pulang kampung ke Kelantan, saya kaget tidak ada yang jualan yogurt di sini," lanjutnya.

Bermodalkan tekad yang kuat, dan berbagai rintangan dari lockdown atau MCO yang diberlakukan pemerintah Malaysia. Tapi Hafiz tetap membuka usahanya, terbukti kedai Froogurtz di Kelantan ini sukses berat. Bahkan dalam hitungan bulan ia sudah mampu membuka cabang yang kedua.

"Saya mulai jualan yogurt dengan toko kecil di Bandar Baru Tunjong, kemudian baru pindah ke kedai yang lebih besar," tuturnya.

Mantan Guru Ini Jadi Kaya Setelah Jualan Yogurt di Kampung HalamannyaMantan Guru Ini Jadi Kaya Setelah Jualan Yogurt di Kampung Halamannya Foto: Facebook Frogurtz

Meski kebijakan lockdown dari pemerintah mempengaruhi penjualannya yang menurun. Namun Hafiz mengatakan bahwa usaha yogurtnya ini bisa menghasilkan untung bersih lebih dari RM 100,000 (Rp 346 juta) per bulannya.

Ia tidak menyangka bahwa dalam hitungan bulan, Froogurtz bisa menghasilkan keuntungan ratusan juta rupiah. Ditambah dengan tingginya animo pembeli pada jajanan yogurt yang masih baru di sana.

Kini Hafiz tengah disibukkan dengan persiapaannya membuka gerai keduai Froogurtz, di daerah Wakaf Bharu yang tak jauh dari gerai yogurt pertamanya.

Ia juga semangat bahwa setelah dua gerai ini, ia akan melebarkan sayap bisnisnya dengan membuka puluhan gerai Froogurtz di sekitar Kelantan hingga Malaysia.

Tak hanya Hafiz, sebelumnya banyak juga orang-orang yang banting setir alih profesi semenjak pandemi. Seperti pramugara asal Malaysia, yang alih profesi menjadi petani sekaligus beternak ayam dan ikan untuk dijual.

Baca Juga: Karena Pandemi, Pramugara Ini Ganti Profesi Jadi Peternak Ayam dan Ikan



Simak Video "Cukup Bayar Rp 2.000, Bisa Makan Sepuasnya di Warung Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com