Karena Pandemi, Pramugara Ini Ganti Profesi Jadi Peternak Ayam dan Ikan

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 04 Jul 2021 16:30 WIB
Karena Pandemi, Pramugara Ini Ganti Profesi Jadi Peternak Ayam dan Ikan Foto: Facebook Tanvi Agro
Jakarta -

Sejak pandemi, pramugara senior ini akhirnya memutuskan untuk alih profesi. Seperti membuka peternakan sendiri dan mengurus ayam hingga ikan yang ia ternak.

Jika kebanyakan pilot, pramugari hingga pramugara lebih memilih berjualan makanan untuk menambah penghasilan selama pandemi. Berbeda dengan pramugara bernama Subra Subbaraman, asal Seremban, Malaysia.

Baca Juga: Sosok Peternak Ayam Cantik Ini Mirip Kisah di FTV

Sejak bulan Maret 2020, maskapai penerbangan tempatnya bekerja tak lagi membayarkan gajinya terkait kebijakan pembatasan sosial atau Movement Control order (MCO) di sana.

"Saya bersyukur memiliki tabungan dan menghemat pengeluaran saya, sehingga saya dan keluarga masih bisa bertahan hingga sekarang," ucap pramugara berusia 40 tahun tersebut.

Karena Pandemi, Pramugara Ini Ganti Profesi Jadi Peternak Ayam dan IkanKarena Pandemi, Pramugara Ini Ganti Profesi Jadi Peternak Ayam dan Ikan Foto: Facebook Tanvi Agro

Dilansir dari SAYS (04/07), meski tabungannya masih cukup tapi ayah dari dua anak tersebut harus memutar otak agar mendapatkan penghasilan. Akhirnya ia memutuskan untuk mewujudkan cita-citanya selama ini, yaitu membuka peternakannya sendiri.

"Saya sebenarnya sudah bermimpi punya peternakan ikan saat saya pensiun nanti," tutur Subra, yang sudah bekerja sebagai pramugara selama 13 tahun lamanya.

Di awal-awal dirinya mendirikan peternakan, tentunya Subra harus berhemat dan melakukan semuanya sendiri. Mulai dari membangun kolam penampungan, sampai belajar memelihara ikan nila di belakang rumahnya.

"Mulai dari membuat poly tank, pompa air, saringan air sampai budidaya akuaponik itu semuanya saya belajar lewat YouTube dan internet," ungkapnya.

Tak mudah bagi Subra yang biasanya berurusan dengan pesawat, kini beralih menjadi peternak. Ia melakukan banyak kesalahan di awal, banyak ikannya yang mati dan ayamnya juga ikut mati.

Karena Pandemi, Pramugara Ini Ganti Profesi Jadi Peternak Ayam dan IkanKarena Pandemi, Pramugara Ini Ganti Profesi Jadi Peternak Ayam dan Ikan Foto: Facebook Tanvi Agro

Namun selama delapan bulan terakhir, dia terus belajar, meminta saran, menonton berbagai video peternakan dan akhirnya ia berhasil menjual ikan hasil ternaknya ke kerabat dan keluarganya.

Kini Subra memiliki lebih dari 20,000 ekor ikan puyu Siam di peternakannya. Bahkan di bulan Maret lalu, Subra resmi mendaftarkan peternakannya sebagai perusahaan agar ia bisa mempekerjakan orang dan menjual lebih banyak ikan.

Walau fokusnya beternak ikan, tapi Subra juga menekuni ternak ayam. Ia mulai membeli bibit-bibit anak ayam untuk menambah penghasilannya nanti.

"Saya sudah mendapatkan kontraktor untuk membangun kandang ayam. Tapi saya juga ikut membangun kandang ini, agar kandangnya cepat selesai dan biaya yang dikeluarkan juga tidak banyak," sambung Subra.

Karena Pandemi, Pramugara Ini Ganti Profesi Jadi Peternak Ayam dan IkanKarena Pandemi, Pramugara Ini Ganti Profesi Jadi Peternak Ayam dan Ikan Foto: Facebook Tanvi Agro

Subra sudah menyiapkan kandang ayam dengan kapasitas 300-400 ayam, dia optimis bahwa usaha ternak ayam dan ikannya ini bisa menjadi sumber penghasilan terbaru untuknya dan keluarga.

"Meskipun sekarang pendapatan saya masih tidak pasti, dan hasilnya belum terlihat betul. Tapi saya percaya bahwa saya bisa menjalani semua ini. Saya akan menemukan cara untuk sukses mendirikan peternakan ikan dan ayam," pungkas Subra.

Selain Subra yang alih profesi. Sebelumnya ada juga kisah mantan pegawai bank bernama Kenny Soon We Hong di Johor. Ia memutuskan untuk meninggalkan pekerjaannya sebagai manajer bank, demi menjadi petani sekaligus peternak yang menjadi cita-citanya.

Baca Juga: Bosan Jadi Pegawai Bank, Pria Ini Pilih Jadi Petani dan Peternak



Simak Video "Viral Pengunjung Nemu Ulat di Makanan dan Tikus di Resto"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com