Persis Bakso Beranak, di Jepang Kini Ada Shumai Beranak

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 05 Jul 2021 13:30 WIB
Persis Bakso Beranak, di Jepang Kini Ada Shumai Beranak Foto: Kiyoken Press Release
Jakarta -

Tren bakso beranak sudah lebih dulu hadir di Indonesia. Uniknya, di Jepang kini ada kreasi serupa yang berbahan dumpling shumai.

Beberapa tahun terakhir, bakso beranak begitu diminati di Indonesia. Disebut 'beranak' karena satu bakso berukuran besar ini berisi banyak bakso-bakso kecil di dalamnya yang diibaratkan sebagai 'anak'.

Menikmati bakso beranak pun memunculkan sensasi menyenangkan sebab pembeli perlu memotong bakso jumbo terlebih dahulu untuk mengeluarkan isian bakso-bakso kecil. Karena porsinya besar, bakso beranak jamak dinikmati beramai-ramai.

Bakso beranak bahkan jadi menu andalan di banyak tempat makan bakso. Beberapa gerai menawarkan bakso beranak dengan inovasi unik, misalnya ditambah banyak cabai sehingga bikin penggemar pedas lebih bersemangat menyantapnya.

Baca Juga: Bakso Beranak Jumbo yang Mantap Ada di 5 Tempat Ini

Persis Bakso Beranak, di Jepang Kini Ada Shumai BeranakPersis Bakso Beranak, di Jepang Kini Ada Shumai Beranak Foto: Kiyoken Press Release

Mirip bakso beranak, di Jepang ternyata ada makanan serupa yang memakai dumpling sebagai bahan utamanya. Menu ini bisa kamu temui di kawasan Chinatown di Jepang, Yokohama Chukagai.

Penciptanya adalah Kiyoken, jaringan restoran lokal di sana yang terkenal dengan menu shumai lunch box-nya. Menu ini bahkan sering dijadikan oleh-oleh bagi turis yang berkunjung ke Yokohama.

Dikutip dari Grape (2/7), Kiyoken memperkenalkan menu terbaru mereka yang bernama Jumbo Shumai. Bentuknya benar-benar jumbo, mirip kue pernikahan raksasa. Dumpling shumai ini dibuat dari daging babi.

Kiyoken menyebut Jumbo Shumai cocok dijadikan menu dalam acara istimewa. Ketika dumpling dibuka, di dalamnya berisi 22 dumpling kecil yang menggugah selera!

Baca Juga: Wow! Hot Dog Jumbo Seberat 30 Kilo gram Ini Coba Pecahkan Rekor Dunia

Persis Bakso Beranak, di Jepang Kini Ada Shumai BeranakPersis Bakso Beranak, di Jepang Kini Ada Shumai Beranak Foto: Kiyoken Press Release

Diameter shumai beranak ini mencapai 11.5 cm, sementara tingginya 10 cm. Harga yang ditawarkan untuk satu Jumbo Shumai adalah 3.500 yen atau sekitar Rp 457.000. Menu ini bisa dibeli online melalui 17 gerai Kiyoken di Jepang.

Selain di Jepang, dumpling jumbo juga pernah dibuat pengusaha kuliner di Yogyakarta. Pada tahun 2019, Dilory Siomay memperkenalkan siomay jumbo sebagai menu andalan.

Siomay ini dibuat dari adonan seberat 1 kg. Bahan utamanya ada daging ayam, ikan tenggiri, dan udang. Harga siomay jumbo saat itu dibanderol Rp 35.000 saja per buah.

Pembelian siomay jumbo sudah termasuk pelengkap kol, kentang, tahu, telur, dan sambal kacang. Menu inipun sempat viral di masanya.

Baca Juga: Wouw! Ada Siomay 1 Kg di Jogja yang Harganya Rp 35.000 Saja



Simak Video "Bikin Laper: Puas Banget! Santap Bakso Mangkok Beranak"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com