Rahasia Panjang Umur Orang Tertua di Dunia, Rutin Konsumsi Telur Rebus dan Madu

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 03 Jul 2021 11:00 WIB
Rahasia Panjang Umur Orang Tertua di Dunia, Rutin Konsumsi Telur Rebus dan Madu Foto: Metro UK
Jakarta -

Nenek asal Turki ini diklaim sebagai orang tertua di dunia yang masih hidup. Rahasia panjang umurnya ternyata rutin konsumsi telur rebus dan madu.

Bisa hidup hingga ratusan tahun lamanya, merupakan anugerah yang tidak dimiliki semua orang. Baru-baru ini wanita bernama Seker Arslan, diklaim sebagai orang tertua di dunia yang masih hidup.

Baca Juga: Capai Usia Lebih dari 100 Tahun, Ini Menu Sarapan Orang Tertua di Dunia

Seker mampu menunjukkan sertifikat kelahirannya. Ia lahir pada tanggal 27 Juni, 1902. Tepatnya 119 tahun yang lalu. Sementara orang tertua di dunia sebelumnya, usianya enam bulan lebih muda dibandingkan Seker.

Jadi jika sertifikat kelahiran Seker dikonfirmasi, Seker merupakan orang tertua yang ada di dunia.

Rahasia Panjang Umur Orang Tertua di Dunia, Rutin Konsumsi Telur Rebus dan MaduRahasia Panjang Umur Orang Tertua di Dunia, Rutin Konsumsi Telur Rebus dan Madu Foto: Metro UK

Dilansir dari Metro UK (02/07), Serap Yueksel selaku putri dari Seker mengatakan bahwa rahasia utama ibunya bisa panjang umur dan sehat, terletak pada pola makannya yang selalu menyantap makanan alami.

Nenek berusia 119 tahun itu, selalu menerapkan pola makan yang sederhana tapi sehat. Ia jarang menyantap makanan olahan, makanan mengandung pengawet hingga makanan cepat saji.

"Mama saya itu kalau sedang makan wajib ada mentega, madu dan keju di atas meja. Ia juga rutin makan yogurt setiap harinya," ungkap Serap, saat merayakan ulang tahun sang ibu di rumah mereka.

Sementara sarapan juga memegang peranan penting dalam menopang kesehatan Seker. Ia jarang melewatkan sarapan, meskipun menu yang dimakannya sederhana dan praktis.

"Kalau di pagi hari, sampai sekarang ibu saya masih merebus telur untuk sarapan," pungkas Serap.

Rahasia Panjang Umur Orang Tertua di Dunia, Rutin Konsumsi Telur Rebus dan MaduRahasia Panjang Umur Orang Tertua di Dunia, Rutin Konsumsi Telur Rebus dan Madu Foto: Metro UK

Di usianya yang ke 119, tahun Seker tampil sehat dan lebih awet muda untuk orang seusianya. Sistem imunitas tubuhnya juga masih bagus, sehingga ia terhindar dari virus corona, meskipun salah satu cucunya sempat terpapar virus ini sekitar 6 bulan yang lalu.

Untuk menghargai dan menghormati Seker, banyak pejabat pemerintah di Turki yang datang berkunjung untuk bertemu Seker di hari ulang tahunnya.

Seker sendiri bukan satu-satunya orang tertua di dunia yang masih hidup hingga sekarang. Sebelumnya ada Kane Tanaka dari Jepang, yang secara resmi dinobatkan sebagai orang tertua di dunia.

Kane lahir di tahun 1903 membuat wanita berusia 118 tahun. Sama seperti Seker, Tanaka juga memiliki pola makan sehat yang terbilang unik. Karena Tanaka penggemar semua makanan enak terutama camilan manis yang rutin dikonsumsinya.

Tanaka menjelaskan bahwa dia sangat suka makanan manis, terutama permen. Biasanya dia menyantap tiga kaleng kopi, soda, hingga minuman bernutrisi. Rahasia panjang umurnya juga tak lepas dari kebiasaannya selalu menjalani hidup dengan bahagia.

Baca Juga: Makan Enak Jadi Rahasia Panjang Umur Kane Tanaka, Orang Tertua di Dunia



Simak Video "Masak Masak: Resep Telur Gulung Korea Tebal dan Empuk"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com