Waduh! Penjual Durian Tipu Pembeli dengan Durian Black Thorn 'Palsu'

Riska Fitria - detikFood Kamis, 01 Jul 2021 11:00 WIB
Waduh! Penjual Durian Tipu Pembeli  dengan Durian Black Thorn Palsu Foto: iStock
Jakarta -

Tak semua orang tahu bagaimana cara membedakan jenis durian. Apalagi durian Black Thorn yang mahal. Alhasil tak sedikit yang kena tipu oleh penjual.

Durian merupakan buah tropis yang banyak tumbuh di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura dan lainnya. Sesuai namanya, durian dikenal memiliki kulit berduri tajam.

Raja buah ini punya banyak jenis seperti musang king, bawor, bentara, sambeng, black thorn, mao shan wang dan masih banyak lagi. Mungkin sekilas terlihat sama, tetapi mereka punya karakteristik yang berbeda-beda.

Baca Juga : Ini 5 Kisah Viral Aroma Durian, Pingsan hingga Putus Cinta

Waduh! Penjual Durian Tipu Pembeli  dengan Durian Black Thorn 'Palsu'Waduh! Penjual Durian Tipu Pembeli dengan Durian Black Thorn 'Palsu' Foto: iStock

Misalnya seperti durian black thorn yang memiliki duri berwarna hitam pada kulitnya. Daging buahnya dikenal lembut, legit dan berwarna kuning tua. Jenis durian ini selalu laku terjual di pasaran.

Namun, hati-hati saat membeli durian. Pastikan kamu mengetahui karakteristik dari durian yang akan dibeli. Jangan sampai ditipu oleh penjual seperti yang dialami oleh seorang penikmat durian di Singapura.

Dilansir dari Mothership (29/06) ia dikenal bermarga Zhu. Zhu menceritakan pengalamannya saat membeli durian di supermarket di Sembawang. Penjual mengatakan bahwa durian yang dijual adalah jenis black thorn.

Waduh! Penjual Durian Tipu Pembeli  dengan Durian Black Thorn 'Palsu'Waduh! Penjual Durian Tipu Pembeli dengan Durian Black Thorn 'Palsu' Foto: Mothership

Namun, penampilan durian sama sekali tidak menyerupai durian black thorn. Alih-alih daging buahnya berwarna kuning tua, durian yang dijual justru berwarna kuning cerah.

Zhu pun mencoba mencari tahu soal kebenaran jenis durian dengan menghubungi pemasok durian. Pemasok durian tidak menyembunyikan fakta dan mengakui bahwa durian yang dijual bukanlah jenis black thorn.

Ternyata, praktik seperti itu bukan hal yang baru di kalangan penjual durian. Penjual durian kebanyakan memanfaatkan keadaan banyak pelanggan yang tidak bisa membedakan jenis durian yang mereka beli.

Hal serupa juga dialami oleh wanita berusia 45 tahun bermarga Zhang. Zhang juga berbagi pengalamannya saat membeli durian jenis mao shan wang dari kios durian di Yishun.

Waduh! Penjual Durian Tipu Pembeli  dengan Durian Black Thorn 'Palsu'Waduh! Penjual Durian Tipu Pembeli dengan Durian Black Thorn 'Palsu' Foto: iStock

Ia dikenakan biaya sekitar Rp 194.500 per kilogram durian dan menghabiskan total Rp 972.500. Namun, suaminya yang kelahiran Malaysia itu langsung bisa mengenali bahwa durian yang dibeli bukanlah mao shan wang.

Saat dikonfirmasi ke seorang pengelola pohon durian, Kevin Tan mengatakan bahwa durian yang dibeli oleh Zang ada dua jenis. Yaitu, durian d14 dengan duri yang lebih pendek.

Sementara durian yang durinya lebih halus dan padat adalah jenis d101. Kedua jenis durian tersebut harganya lebih murah daripada mao shan wang, yakni sekitar Rp 130.000 hingga Rp 151.000.

Menurut Tan, beberapa penjual akan mencampurkan D13 dan D101 dan mengklaim sebagai mao shan wang karena warna dagingnya sama.

Lebih lanjut, Tan menyarankan untuk memeriksa kulit durian saat membeli durian karena jenis durian dapat diidentifikasi dengan melihat kepadatan dan ukuran duri durian.

Baca Juga: Rekor Durian Termahal di Dunia, Satu Buah Harganya Rp 681 Juta



Simak Video "Bikin Laper: Pesta Durian Musang King Harga Ratusan Ribu"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com