Rumah Makan Outdoor

5 Warung Makan di Tengah Hutan Penuh Makanan Enak Murah Meriah

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 30 Jun 2021 12:30 WIB
Asyiknya Makan Siang di Warung Tuman yang Ada di Tengah Kebun Foto: dok.detikFood
FOKUS BERITA Rumah Makan Outdoor
Jakarta -

Konsep makan di restoran outdoor atau ruang terbuka lebih diminati sekarang. Tak hanya kafe kekinian, banyak warung makan populer yang letaknya di tengah hutan dan penuh makanan enak.

Makanan enak bukan satu-satunya faktor yang membuat warung makan ini bertahan dan populer menyaingi restoran kekinian. Banyak warung makan yang hits justru dibantu karena lokasi mereka yang terletak di pedalaman, lengkap dengan suasana hutan asri yang bikin pengunjung rindu untuk kembali.

Tak perlu jauh-jauh ke luar kota, di daerah Tangerang, Bogor bahkan Jakarta saja masih banyak warung makan dengan konsep outdoor dan pemandangan hutan asri yang sejuk.

Mulai dari Warung Tuman di BSD yang punya hidangan khas Minang enak dengan harga terjangkau. Lalu ada Kopi Daong di Bogor, yang dikelilingi hutan pinus seperti di Eropa dan masih banyak lagi.

Berikut 5 warung makan enak dengan suasana hutan asri dan harganya terjangkau.

1. Warung Tuman

Warung Tuman di BSD Menyajikan Makanan Gaya MinangWarung Tuman di BSD Menyajikan Makanan Gaya Minang Foto: dok. detikFood

Mengunjungi Warung Tuman di daerah BSD, Tangerang bisa dibilang mudah tapi sulit. Letaknya sedikit naik ke atas dari jalan raya, dan harus melewati kebun-kebun warga serta pemakaman yang terkesan angker.

Tapi itu semua terbayarkan dengan konsep warung makan outdoor, yang menyambut pengunjung dengan suasana makan seperti di tengah hutan. Tak heran warung makan ini viral dan selalu dipenuhi pengunjung setiap harinya.

Di sini menyajikan menu khas Minang yang dicampur dengan perpaduan kuliner lain. Resepnya autentik turun temurun dari keluarga pemilik. Mulai dari ikan nila, talua barendo, ayam goreng kremes hingga gulai bareh dengan kisaran harga per menu sekitar Rp 25.000 saja.

Baca Juga: Warung Tuman : Sedapnya Nila Calabalatuik hingga Gulai Bareh di Tengah Kebun


Warung Tuman BSD
JL. Ciater Tengah.
Ciater, Serpong, Tangerang Selatan.
Telp: 085691108646


2. Warung Pecak Duren

Resep Pecak Ikan Nila Kuah Bening Pecak Ikan Nila Kuah Bening Foto: detikfood/odilia

Masih di sekitar Tangerang, tapi lebih mengarah ke Kranggan di Setu. Ada namanya Warung Pecak Duren yang letaknya cukup jauh dari jalan raya, namun selalu dipadati pengunjung. Konsepnya memang hanya warung makan sederhana, dengan lesehan outdoor.

Tapi pemandangan pepohonan rimbun membuat para pengunjung terasa seperti benar-benar makan di tengah hutan. Meski namanya Warung Pecak Duren, tapi menu andalannya justru ikan pecak yang segar dan pedas pastinya.

Ikan pecak disajikan dengan nasi, sambal dadakan, bakwan jagung, lalapan hingga pete goreng yang bikin nagih. Kisaran harganya juga masih terjangkau sekitar Rp 30.000 saja per porsi, kalau lauk seperti sambal hingga bakwannya lebih murah pastinya.

Warung Pecak Duren
Kranggan, Setu, Tangerang.
Telp: 085219099188

3. Kopi Daong

Ngopi Kekinian Ditemani Panorama Hutan PinusNgopi Kekinian Ditemani Panorama Hutan Pinus Foto: detikFood

Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk mendapatkan suasana ngopi cantik di tengah hutan pinus yang menjulang tinggi. Cukup mampir ke Kopi Daong yang ada di Pancawati, salah satu destinasi 'hidden gem' favorit di Bogor bagi yang suka ngopi.

Walau konsepnya kekinian dan outdoor, tapi masih mirip seperti warung. Tak hanya menjual kopi saja, di sini bisa pesan berbagai jenis makanan yang enak dan terjangkau.

Salah satu menu kopi andalannya ada Es Kopi Daong, Es Kopi Beuh, dan Ice Red Velvet Latte yang semua harganya dipatok Rp 31.000. Menu kopi dingin lebih populer di sini.
Sementara untuk menu makanannya yang populer ada Chicken Schnitzel (Rp 45.000) dan Roti John (Rp 38.000). Meski selalu ramai, tapi pelayanan makanan dan minumannya cukup cepat.

Kopi Daong
Pancawati, Caringin, Bogor,
Telp: 0878-3506-7370
Jam Buka: 09.00 - 19.00


4. Warung Cere Bu Tini

nikmatnya makan ikan cere goreng di warung cere bu tini yang terkenal di tangerangnikmatnya makan ikan cere goreng di warung cere bu tini yang terkenal di tangerang Foto: dok. detikFood / Yenny Mustika Sari

Di Ciasuk ada Warung Cere Bu Tini yang hits dan legendaris sejak dulu. Di sini konsepnya warung makan sederhana, outdoor karena hampir semua meja makan berada di saung lesehan yang mengadap ke danau dan pepohonan seperti tengah makan di hutan.

Seperti namanya, Warung Cere Bu Tini ini menawarkan menu andalan ikan cere goreng. Ikan cere adalah ikan berukuran kecil yang banyak terdapat di Kali Cisadane, Tangerang.

Seporsi ikan cere goreng di sini disajikan bersama ikan mujaer berukuran kecil yang digoreng kering. Lalu disajikan juga dengan nasi putih, lalapan, sayur asem, sambal dadak, dan gorengan. Harganya dibanderol per orang yang makan, jika 2 porsi maka dibanderol Rp 40.000. Jadi cukup terjangkau bukan? Rasanya juga pasti enak dan bikin nagih.

Baca Juga: Sensasi Makan Ikan Cere Goreng dan Sayur Asem Buatan Bu Tini

Warung Cere Bu Tini
Kranggan, Setu, No. 3.
Tangerang Selatan.
Telp: 083813318837

5. Saung K-VI Bu Erna

RM. Saung Apung : Buka Puasa Lesehan Makan Ikan Patin dan Genjer OncomAyam goreng Sunda Foto: detikFood

Sempat viral setelah dikunjungi salah satu YouTuber ternama, Saung K-VI Bu Erna ini letaknya tersembunyi sekali bahkan bisa dibilang di tengah hutan dan kebun. Lokasi warung makan ini ada di Pabuaran, Bogor, masuk ke sini harus dari siang agar suasana asri tengah hutannya terasa.

Dari semuanya, saung Ibu Erna ini lah yang paling sederhana. Karena benar-benar hanya gubuk saja, pengunjung bisa makan di luar sambil menikmati pemandangan.

Untuk makanannya cukup banyak, kebanyakan kuliner rumahan khas Sunda. Seperti sambal jabrik, ikan goreng, tumis kangkung, pepes ayam, peda, ikan mas, sayur asem, sampai aneka ikan asin yang bikin kangen. Kisaran harganya sekitar Rp 25.000 saja.

Saung K-VI Ibu Erna
Jalan Hanjuang, Gang Musholla.
Pabuaran, Kecamatan Gunung Sindur, Jawa Barat.
Telp: 0895-0831-7357



Simak Video "Cukup Bayar Rp 2.000, Bisa Makan Sepuasnya di Warung Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)
FOKUS BERITA Rumah Makan Outdoor

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com