Kopi Keliling

5 Menu Ini Wajib Ada di Starling, Jadi Favorit Kuli Proyek

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 25 Jun 2021 18:30 WIB
Pedagang Starling Foto: Anisa Indraini
FOKUS BERITA Kopi Keliling
Jakarta -

Tak kalah dari kedai kopi kekinian, Starling atau kedai kopi keliling jadi idolanya para kuli proyek. Bahkan ada menu wajib yang paling laris dan pasti ada di setiap Starling.

Mungkin kata 'Starling' sudah familiar bagi banyak orang, terutama di kota besar seperti Jakarta. Starling ini berasal dari kata 'Starbucks Keliling'.

Starbucks dikenal sebagai kedai kopi global yang menjual berbagai jenis minuman asak Amerika Serikat. Sementara keliling diambil dari para penjual yang menawarkan dagangan mereka menggunakan sepeda.


Biasanya Starling sering mangkal di wilayah proyek atau pembangunan, yang banyak pekerjanya. Sering disebut juga sebagai idolanya para kulproy atau kuli proyek, Starling menawarkan aneka kopi, minuman instan dan cemilan yang enak serta murah.

Kira-kira menu apa saja sih yang wajib ada di Starling?

Baca Juga: 5 Kendaraan Populer untuk Jualan Kopi Keliling, Sepeda Ontel hingga Vespa


1. Kopi

Penjual Kopi KelilingPenjual Kopi Keliling Foto: Ari Saputra



Awalnya Starling ini memang hanya menjual kopi saja. Di pinggir jalan, terutama di daerah proyek atau pembangunan rumah. Sulit untuk para pekerja mondar-mandir ke warung kopi atau seduh kopi sendiri.

Kehadiran Starling ini tentunya sangat membantu, apalagi Starling keliling menggunakan sepeda. Membawa termos berisi air panas, pilihan kopi instan yang cukup lengkap dan kisaran harganya yang sangat terjangkau. Sekitar Rp 2.000 - Rp 5.000 saja per gelasnya.

Untuk pilihan kopinya, jangan samakan dengan kopi di kedai kekinian. Kopi milik Starling, merupakan kopi instan atau kopi sachet. Mulai dari kopi hitam sampai kopi susu instan.



2. Minuman Berenergi Instan

Penjual Kopi KelilingPenjual Kopi Keliling Foto: Ari Saputra



Selain kopi instan, biasanya minuman berenergi ini jadi menu andalan para penjual Starling. Tak hanya menyediakan minuman hangat seperti kopi, beberapa penjual Starling membawa termos es untuk menu minuman dingin mereka.

Salah satu menu minuman dingin yang paling favorit di Starling ada minuman berenergi instan. Pilihan rasanya lumayan lengkap, mulai dari yang rasa jeruk, anggur, soda susu, nanas, mangga sampai jamu.

Minuman berenergi ini diseduh dengan air putih, ditambah es batu dan cocok dinikmati saat siang hari. Harganya juga tak sampai Rp 5.000 per gelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "'Starling' Kekinian Ini Tawarkan Kopi Kualitas Kafe"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Kopi Keliling
FOKUS BERITA Kopi Keliling

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com