Kopi Keliling

5 Kendaraan Populer untuk Jualan Kopi Keliling, Sepeda Ontel hingga Vespa

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 22 Jun 2021 17:30 WIB
Jual kopi keliling pakai truk pick up dan vw combi Foto: Getty Images/iStockphoto
FOKUS BERITA Kopi Keliling
Jakarta -

Kopi keliling jadi tren jualan kopi kekinian. Penjual juga memanfaatkan beragam kendaraan untuk berjualan. Dari sepeda kuno hingga Vespa.

Minum kopi juga jadi gaya hidup golongan menengah bawah. Selain cofffee shop dan kafe kini juga ada kopi keliling. Penjual berkeliling ke area permukiman atau perkantoran. Menawarkan beragam jenis racikan kopi.

Mereka juga memakai beragam jenis kendaraan roda dua dan empat. Ada yang menggunakan sepeda, gerobak, vespa, hingga VW Combi.

Berikut 5 kendaraan yang populer dipakai penjual kopi keliling:

1. Sepeda

Menikmati seduhan kopi manual brew di kafe mungkin sudah biasa, tapi berbeda dengan kedai kopi di Bandung ini. Sepeda kopi atau yang biasa disebut Starling (Starbike Keliling) atau Coffee Bike ini bukan menjual kopi sachet, melainkan kopi dari biji kopi pilihan asal Bandung, Jakarta hingga Etiophia.Menikmati seduhan kopi manual brew di kafe mungkin sudah biasa, tapi berbeda dengan kedai kopi di Bandung ini. Sepeda kopi atau yang biasa disebut Starling (Starbike Keliling) atau Coffee Bike ini bukan menjual kopi sachet, melainkan kopi dari biji kopi pilihan asal Bandung, Jakarta hingga Etiophia. Foto: Siti Fatimah

Penjual kopi keliling menggunakan sepeda banyak tersebar di Indonesia. Biasanya penjual ini disebut starling atau 'Starbuck Keliling'. Diberikan istilah seperti itu, karena mereka menawarkan beragam varian kopi instan yang diseduh dalam gelas plastik atau kertas dan harganya terjangkau.

Biasanya mereka menggunakan sepeda ontel atau biasa dengan keranjang cukup besar yang diletakkan pada jok bagian belakang. Kalau ingin kopi starling jauh lebih menarik, bisa dimodifikasi dengan gaya yang lebih kekinian.

Kopi yang ditawarkan juga jangan dalam kemasan instan, melainkan diracik oleh barista. Varian kopi yang dijual juga bisa disesuaikan dengan tren saat ini. Seperti es kopi susu, latte, atau cold brew.

Baca Juga: 5 Bahan Alami untuk Jaga Kesehatan Paru-Paru, Penting Saat Pendemi!

2. Vespa

jualan kopi pakai vespajualan kopi pakai vespa Foto: istimewa

Tak hanya sepeda, banyak juga yang mulai mencoba peruntungan menjual kopi keliling dengan vespa. Walaupun vespa tampak tua, tapi ketika dimodifikasi untuk berjualan bisa terlihat unik.

Jika ingin mencoba berjualan dengan vespa, kamu bisa memanfaatkan vespa dengan jok penumpang tambahan. Jok ini bisa kamu modifikasi dan tambahkan meja kecil yang digunakan untuk menaruh stoples isi beragam kopi hingga peralatan meraciknya.

Bisa juga menggunakan vespa biasa yang dimofikasi dengan boks kayu pada bagian jok belakang. Tentu saja boks tersebut digunakan untuk menyimpan bahan. Lengkapi juga dengan papan menu yang menarik.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Mencicipi Kopi Khas Toba Racikan Hotman Tambunan Eks Pegawai KPK "
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Kopi Keliling
FOKUS BERITA Kopi Keliling

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com