5 Bahan Alami Mengusir Tikus yang Ampuh, Kopi hingga Kulit Telur

Devi Setya - detikFood Rabu, 23 Jun 2021 18:00 WIB
Demi Uang, 5 Orang Ini Masukkan Tikus hingga Rambut Kemaluan di Makanan Foto: iStock
Jakarta -

Keberadaan tikus di rumah memang sangat mengganggu. Selain memastikan rumah dalam keadaan bersih, kamu juga bisa mengandalkan beberapa bahan alami untuk mengusir tikus.

Tikus yang berkeliaran di dalam rumah biasanya dipicu oleh adanya makanan. Cara paling ampuh mengusir tikus adalah dengan memastikan rumah dalam keadaan bersih. Jangan letakkan makanan secara sembarangan dan usahakan selalu membuang sampah bekas makanan.

Jika tak ada makanan, tikus pasti ogah berkeliaran. Tapi kalau terlanjur ada tikus yang sudah masuk rumah, kamu tak perlu khawatir karena banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengusirnya.

Tak perlu repot mencari lem tikus atau membuat jebakan tikus, kamu bisa mengandalkan beberapa bahan alami yang umumnya ada di dapur. Coba manfaatkan kopi, bawang putih hingga kulit telur untuk membuat tikus kabur dari rumah dan ogah kembali.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut bahan alami yang bisa mengusir tikus.


1. Merica bubuk


Tikus memiliki indera penciuman yang tajam jadi mereka akan bisa langsung mencium aroma pedas dari merica bubuk. Karena menghasilkan sensasi pedas jika terhirup, tentu tikus tidak suka dengan bau merica.

Merica juga memiliki tekstur bubuk yang halus sehingga mudah digunakan. Kamu hanya perlu menaburkan bubuk merica di sudut-sudut rumah terutama di bagian dapur dan area yang biasa dijangkau tikus.

Selain merica bubuk, kamu juga bisa menggunakan bubuk lada hitam. Taburi hanya secukupnya saja, karena jika terlalu banyak juga akan membuat lantai kotor saat terinjak.

Jika tikus menemukan bubuk merica di banyak tempat, mereka pasti ogah berlama-lama di rumah. Setelah tikus kabur, jangan lupa membersihkan setiap sudut rumah yang ditaburi merica. Rumah yang bersih tentu tidak nyaman untuk disambangi tikus.

2. Bubuk kopi


Kopi punya manfaat untuk mengusir tikus karena aromanya yang tajam. Aroma kopi juga tidak disukai tikus sehingga mereka pasti menghindari area yang ditaburi kopi.

Gunakan kopi hitam, jangan menggunakan kopi dengan campuran gula atau krimer karena justru akan mengundang semut. Cara penggunaannya juga mudah, taburkan kopi di sudut rumah yang sering dilalui tikus. Lakukan cara ini berulang sampai tikus benar-benar pergi.

3. Kulit telur

Cangkang Telur hingga Kulit Wortel Ternyata Bisa Dimakan Lho!5 Bahan Alami Mengusir Usir Tikus yang Ampuh, Kopi hingga Kulit Telur Foto: Getty Images/iStockphoto


Kalau habis masak telur, jangan langsung membuang kulitnya. Kamu bisa menggunakan kulit telur untuk mengusir tikus. Caranya cukup mudah dan pasti murah meriah.

Ambil beberapa kulit telur, tumbuk sampai halus. Kamu juga bisa menggunakan blender untuk membuat kulit telur halus menjadi bubuk. Keringkan kulit telur ini dengan cara dijemur di bawah sinar matahari.

Taburkan bubuk kulit telur ini di sudut rumah. Bukan hanya tikus yang kabur tapi juga semut dan kecoa juga tak suka kulit telur. Bubuk kulit telur ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pupuk organik.

4. Bawang putih

Aroma bawang putih yang menyengat juga bisa diandalkan untuk mengusir tikus. Cukup siapkan bawang putih dan kain kasa untuk membungkus bawang putih.

Cara menggunakannya cukup sederhana, iris bawang putih lalu bungkus menggunakan kain kasa. Letakkan bungkusan ini di area yang sering dijangkau tikus. Diamkan bungkusan bawang putih ini selama beberapa hari dan tikus tak akan berani datang lagi.

5. Teh celup bekas

-5 Bahan Alami Mengusir Usir Tikus yang Ampuh, Kopi hingga Kulit Telur Foto: iStock

Habis ngeteh jangan langsung buang kantungnya, kamu bisa mengandalkan teh bekas ini untuk mengusir tikus. Ambil teh celup bekas, pastikan masih dalam keadaan lembab.

Letakkan teh celup bekas ini di sudut ruangan, kamu bisa menggunakan beberapa kantung teh sekaligus. Tikus tidak suka dengan aroma teh bekas ini. Jadi mereka akan kabur menghindar.



Simak Video "Viral Pengunjung Nemu Ulat di Makanan dan Tikus di Resto"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com