Viral Mie Ayam Harga 1.000 Rupiah Seporsi di Jember

Riska Fitria - detikFood Senin, 21 Jun 2021 18:30 WIB
Viral Mie Ayam Harga 1.000 Rupiah Seporsi di Jember Foto: TikTok @backtolala
Jakarta -

Viral di TikTok seporsi mie ayam dibanderol seharga Rp 1.000. Bukan pakai gerobak, penjual mie ayam tersebut menjajakan dagangannya menggunakan sepeda ontel.

Mie ayam selalu menjadi favorit semua orang. Karenanya, banyak penjual mie ayam yang menjamur di berbagai daerah. Umumnya seporsi mie ayam dilengkapi dengan daging ayam cincang, bakso, dan pangsit.

Harga yang ditawarkan biasanya berkisar dari Rp 10.000 hingga Rp 15.000. Namun, berbeda dengan penjual mie ayam yang ada di Jember, Jawa Timur. Mie ayam tersebut ditawarkan seharga Rp 1.000.

Baca Juga : Sedjuk: Lezatnya Bakmi Ayam Oven dan Es Kopi di 'Gang' SCBD

Viral Mie Ayam Harga 1.000 Rupiah Seporsi di JemberViral Mie Ayam Harga 1.000 Rupiah Seporsi di Jember Foto: TikTok @backtolala

Kisah penjual mie ayam itu viral usai dibagikan oleh pengguna TikTok bernama Fara Fazira. Lewat video TikToknya @backtolala, ia menceritakan saat tak sengaja bertemu penjual mie ayam.

Dalam video yang sudah dikonfirmasi detikFood (21/06) memperlihatkan penjual mie ayam yang menawarkan dagangannya menggunakan sepeda ontel. Penjual mie ayam itu dikenal bernama Sahid.

Usaha mie ayamnya diberi nama Mie Ayam Barokah yang berkeliling di daerah Wuluhan, Jember. Mie ayamnya dikemas mengunakan kertas bungkus kertas nasi.

Viral Mie Ayam Harga 1.000 Rupiah Seporsi di JemberViral Mie Ayam Harga 1.000 Rupiah Seporsi di Jember Foto: TikTok @backtolala

Dengan harga Rp 1.000, porsi mie ayamnya memang tidak terlalu banyak. Mienya disajikan kering dan pelengkapnya hanya berupa daging ayam, sawi dan timun.

Sementara aneka bumbu, kecap dan sausnya dikemas di plastik yang berbeda. Harga terjangkau itu memang sengaja diberikan karena target penjualannya untuk anak-anak sekolahan.

Selain mie ayam siap santap, Sahid juga menawarkan mie dalam porsi kiloan. Ada mie mentah seharga Rp 11.000 per kilogram dan mie matang seharga Rp 16.000 per kilogramnya.

Viral Mie Ayam Harga 1.000 Rupiah Seporsi di JemberViral Mie Ayam Harga 1.000 Rupiah Seporsi di Jember Foto: TikTok @backtolala

Jika tertarik untuk memesan, bisa menghubungi Sahid melalui Whatsapp 085257303778. Meski harganya terjangkau, tetapi Fara Fazira mengatakan bahwa rasanya enak seperti mie ayam pada umumnya.

Lebih lanjut, Fara Fazira juga menceritakan bahwa penjual mie ayam itu juga membuka warung mie ayam di rumahnya yang dijaga oleh sang istri.

Di warung itulah ia menawarkan mie ayam dengan porsi normal. Harga yang ditawarkan juga masih terbilang terjangkau, yakni sekitar Rp 3.500. Jika ingin tambahan ceker juga hanya dihargai Rp 5.000.

Viral Mie Ayam Harga 1.000 Rupiah Seporsi di JemberViral Mie Ayam Harga 1.000 Rupiah Seporsi di Jember Foto: TikTok @backtolala


Selain itu, Sahid juga memiliki warung kelontong kecil-kecilan. Kerja kerasnya itu dilakukan untuk menghidupi dua putrinya yang masih kecil.

Sayangnya, semenjak pandemi COVID-19 pendapatan Sahid dalam berjualan mie ayam Rp 1.000-an menurun. Itu dikarenakan anak-anak belum masuk sekolah karena masih menjalani sekolah online.

Video tersebut langsung menyita perhatian netizen. Bahkan tak sedikit netizen yang menyarankan untuk membuka donasi. Banyak juga yang salut dengan kerja keras penjual mie ayam tersebut.

"Selalu terharu liat kerja keras bapak buat anaknya, semoga dilancarkan rezekinya ya pak," tulis netizen.

"Yang nanya untung apa rugi, kalo dihitung pakai ilmu ekonomi gak bakal ketemu, itu udah kalkulasi Tuhan," tulis netizen lainnya.

@backtolala

Mie ayam seharga parkir 🥺 ##infojember ##fyp

♬ lagunya begini nadanya begitu cover aci - nona saidah

Baca Juga : Ini Hasilnya Jika Mie Ayam Murah Vs Mie Ayam Mahal



Simak Video "Mie Ayam 'Pak Alex Tapi Pemiliknya Bukan Alex, Kok Bisa? "
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com