Presiden Jokowi Ultah, Intip Momennya Cicip Kopi Aceh dan Mi Titi Makassar

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 21 Jun 2021 10:30 WIB
Presiden Jokowi Ultah, Intip Momennya Cicip Kopi Aceh dan Mi Titi Makassar Foto: detikcom

4. Dijamu mi titi Makassar

Presiden Jokowi Ultah, Intip Momennya Cicip Kopi Aceh dan Mi Titi MakassarPresiden Jokowi Ultah, Intip Momennya Cicip Kopi Aceh dan Mi Titi Makassar Foto: Detikcom

Makassar adalah kampung halaman Wakil Presiden ke-12 Jusuf Kalla. Karenanya ketika Jokowi menyambangi Makassar pada tahun 2018, Jusuf Kalla menjamunya di rumah. Ia sudah menyiapkan makanan spesial untuk Jokowi, sang istri dan rombongan.

Mereka disuguhi coto Makassar hingga mi titi. Diketahui saat itu Jokowi memilih santap mi titi. Jusuf Kalla juga sempat menjelaskan sedikit nama-nama makanan ini.

Mi titi sendiri merupakan mi khas Makassar yang mirip ifu mie. Berupa mie kering yang disirami kuah kental nan gurih dan berisi banyak topping.

Baca Juga: Jokowi Santap Siang dengan JK, Makan Mi Titi Khas Makassar

5. Terpikat olahan seafood Kalimantan Utara

Presiden Jokowi Ultah, Intip Momennya Cicip Kopi Aceh dan Mi Titi MakassarPresiden Jokowi Ultah, Intip Momennya Cicip Kopi Aceh dan Mi Titi Makassar Foto: Sekretariat Presiden

Mengunjungi Kalimantan Utara (Kaltara) jadi agenda kerja Jokowi tahun 2019. Di sana ia sempat makan malam dengan hidangan seafood dan racikan sambal spesial buatan Gubernur Kaltara.

Berbagai seafood segar tersaji di sana. Mulai dari udang goreng, kepiting soka telur asin, kepiting bumbu saos padang, hingga sup ikan bumbu kuning.

Yang paling spesial adalah Gubernur Kaltara Irian Lambrie membuat sendiri sambal untuk Jokowi dan rombongan kala itu. Ia membuat sambal bawang sederhana di cobek besar dan menguleknya sendiri.

Baca Juga: Serunya Presiden Jokowi Makan Seafood dengan Sambal Enak Buatan Gubernur Kaltara

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Menjajal Es Dawet Telasih Legendaris Favorit Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com