Sate Kaki Lima

5 Sate Terkenal di Yogyakarta yang Enaknya Melegenda

Diah Afrilian - detikFood Senin, 21 Jun 2021 16:30 WIB
5 Sate Terkenal di Yogyakarta yang Enaknya Melegenda Foto: Istimewa
Jakarta -

Selain gudeg, Yogyakarta juga punya menu kuliner istimewa lainnya. Salah satunya deretan sate enak yang terkenal kelezatannya di kalangan penduduk lokal maupun wisatawan.

Yogyakarta dikenal sebagai kota yang masih kental dengan budayanya. Termasuk budaya kuliner tradisional yang menjadi daya tarik sendiri dari kota Yogyakarta.

Selain gudeg beberapa kedai sate di Yogyakarta juga punya kelezatan yang melegenda bahkan selalu diburu oleh wisatawan yang berkunjung ke sana. Dagingnya yang empuk dengan bumbu yang gurih lezat membuat banyak pelanggannya terus kembali untuk makan sate di beberapa tempat ini.

Jika sedang berada atau berencana ingin ke Yogyakarta sebaiknya tidak melewatkan beberapa kedai sate yang populer dengan kelezatannya ini. Mulai dari sapi hingga sate Padang sekalipun di kedai-kedai sate berikut patut untuk dicoba.

Berikut ini 5 kedai sate yang terkenal di Yogyakarta.

5 Sate Terkenal di Yogyakarta yang Enaknya Melegenda5 Sate Terkenal di Yogyakarta yang Enaknya Melegenda Foto: Istimewa

1. Sate Sapi Karang Pak Prapto

Saat melancong ke Yogyakarta dan berniat ingin berjalan-jalan di malam hari jangan lupa untuk mampir ke Sate Sapi Karang Pak Prapto. Kedai sate kaki lima yang satu ini terkenal menjadi kuliner malam yang selalu ramai pelanggan.

Sate Sapi Karang di sini disajikan dengan pelengkap yang cukup berbeda. Jika biasanya sate hanya disajikan dengan potongan lontong, di Sate Sapi Karang Pak Prapto ini sate akan disajikan dengan lontong sayur. Uniknya perpaduan antara sate berbumbu kacang atau kecap dengan lontong sayur ini cukup enak.

Berlokasi di Jalan Nyi Pembayun No.16, Kotagede, seporsi sate di sini dibanderol seharga Rp 35 ribu. Buka setiap hari mulai pukul 17.00 hingga 22.00 kamu harus bersiap dengan antreannya yang panjang.

Baca juga: Yummy! 5 SateMaranggi Paling Enak di Jakarta yang Empuk Sedap!

2. Sate Kambing Mbah So

5 Sate Terkenal di Yogyakarta yang Enaknya Melegenda5 Sate Terkenal di Yogyakarta yang Enaknya Melegenda Foto: Istimewa

Menyediakan beragam jenis sate kambing serta lengkap dengan gulai membuat kedai Sate Kambing Mbah So wajib didatangi terutama bagi penggemar daging kambing. Mulai dari sate kambing, gulai kambing, tongseng kambing, sate klathak hingga beragam jenis olahan daging kambing lainnya bisa didapatkan di sini.

Uniknya sate kambing di sini akan disajikan dalam keadaan telah dilepaskan dari tusuknya. Sehingga para pelanggan akan dengan mudah memakan sate tanpa harus sibuk dengan bambu penusuk sate.

Berlokasi di Jalan R. Ronggo 32, Kotagede, kedai sate ini mulai buka pukul 09.00 hingga semua daging sate habis. Biasanya pada saat makan siang sate-sate di sini sudah ludes. Tidak hanya makan di tempat, sate ini juga bisa dipesan via aplikasi online.

3. Sate Kambing Sor Talok

5 Sate Terkenal di Yogyakarta yang Enaknya Melegenda5 Sate Terkenal di Yogyakarta yang Enaknya Melegenda Foto: Istimewa

Bergeser sedikit ke kawasan Bantul, ada sebuah kedai sate yang sudah sejak lama begitu terkenal. "Sor Talok" nama kedai sate yang bahkan tidak pernah sepi dari pengunjung.

Sate Sor Talok ini punya cara pengolahan yang cukup mirip dengan sate klathak, di mana potongan daging akan ditusukkan pada jeruji besi kemudian dibakar hingga matang. Tekstur daging yang sangat empuk serta bumbu yang meresap hingga ke bagian dalamnya membuat kedai sate ini menjadi salah satu yang favorit bagi masyarakat setempat maupun wisatawan.

Berlokasi di Jalan Pramuka, Bantul, seporsi sate yang telah dilengkapi dengan nasi dan minum di sini dibanderol seharga Rp 45 ribu. Walaupun terbilang cukup mahal dibandingkan dengan sate lainnya, harga yang dipatok sebanding dengan kegurihan rasa dari bumbunya yang begitu menyerap.

4. Sate Padang Ajo Buyuang

5 Sate Terkenal di Yogyakarta yang Enaknya Melegenda5 Sate Terkenal di Yogyakarta yang Enaknya Melegenda Foto: Istimewa

Rasa yang lezat, bumbu yang kental namun hanya dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau membuat Sate Padang Ajo Buyuang begitu diminati para pelanggannya. Memiliki kuah kental yang berwarna kuning dan kuat akan rempah dengan pilihan daging yang berbeda dengan sate Padang kebanyakan menjadi keistimewaan sendiri dari kedai sate ini.

Jika biasanya sate Padang memberikan pilihan berupa sate daging sapi maupun lidah sapi, di sini ada juga pilihan sate ayam. Potongannya yang besar-besar serta porsinya yang cukup akan membuat kamu merasa kenyang tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Berlokasi di Jalan Bugisan No.37, Yogyakarta, harga seporsi sate Padang di sini hanya dipatok sebesar Rp 17 ribu. Namun karena pelanggannya yang begitu banyak, kamu harus bersabar menunggu antrean di kedai sate ini.

5. Sate Gading

5 Sate Terkenal di Yogyakarta yang Enaknya Melegenda5 Sate Terkenal di Yogyakarta yang Enaknya Melegenda Foto: Istimewa

Sebuah kedai sate yang 'nyempil' di Pasar Gading ini sudah populer dan sangat melegenda jika berbicara tentang sate di Yogyakarta. Sate Gading ini bahkan dikatakan sebagai sate yang paling enak di kota Yogyakarta.

Menggunakan daging ayam kampung sebagai bahan dari sate ayamnya membuat tekstur yang disajikan oleh sate ayam di kedai Sate Gading ini sangat berbeda dengan sate ayam di kedai sate lainnya. Walaupun tekstur dagingnya agak sedikit alot karena karakter dari penggunaan ayam kampung itu sendiri, tetapi perpaduan ayam kampung dengan bumbu kacang yang gurih legit membuat sate di sini terasa sempurna.

Berlokasi di dalam Pasar Gading, Mantrijeron, Yogyakarta, seporsi sate di sini dibanderol hanya sebesar Rp 18 ribu. Buka mulai pukul 16.00 tidak jarang sate di sini akan ludes hanya dalam tiga jam, jadi jangan sampai ketinggalan jika penasaran ingin mencoba sate ini.

Baca juga: Sate Srepeh Rembang yang Unik dengan Paduan Nasi Sambal Tahu

(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com