McD Filipina Luncurkan BTS Meal dengan Protokol Pengamanan Ketat

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 18 Jun 2021 19:00 WIB
Duh! PETA Tuduh BTS Dukung Kekerasan Hewan Karena Rilis BTS Meal Foto: mcdo_ph
Jakarta -

Setelah kehadirannya begitu ramai diperbincangkan, kali ini BTS Meal secara resmi hadir di Filipina. Begini persiapan McD Filipina untuk siapkan peluncuran BTS Meal.

BTS Meal merupakan menu kolaborasi yang dihadirkan oleh gerai makanan cepat saji McDonald's dengan boy grup fenomenal asal Korea Selatan, BTS atau Bangtan Boys. Punya penggemar yang sangat banyak di seluruh dunia, tidak aneh jika BTS Meal ini sangat ditunggu-tunggu oleh para penggemar BTS di seluruh dunia atau yang disebut dengan ARMY.

Di Indonesia sendiri BTS Meal telah rilis pada tanggal 9 Juni 2021 lalu. Peluncuran menu kolaborasi ini disambut dengan sangat antusias bahkan terlihat penumpukan dan antrean para pelanggan yang mengular untuk mendapatkan BTS Meal tersebut.

Belajar dari kekisruhan yang terjadi di Indonesia yang bahkan diliput oleh media asing, Mcdonald's Filipina merencanakan persiapan peluncuran ini dengan begitu matang. Berbagai kerjasama dengan pembuat kebijakan setempat dilakukan demi peluncuran menu spesial yang berjalan lancar.

McD Filipina Luncurkan BTS Meal dengan Protokol Pengamanan KetatMcD Filipina Luncurkan BTS Meal dengan Protokol Pengamanan Ketat Foto: Instagram/mcdo_ph

Dilansir melalui Rappler (17/6) di Filipina BTS Meal akan diluncurkan tepat pada 18 Juni 2021. Menu istimewa yang terbatas ini benar-benar secara matang. Untuk menjalankan peluncuran secara aman, Mcdonald's Filipina juga telah menyiapkan program MSafe yang akan berfokus pada pengamanan acara peluncuran tersebut.

Baca juga: BTS Meal Mulai Dijual 21 Juni, Singapura Sudah Antisipasi Keramaiannya

Pada konferensi virtual yang dilakukan 17 Juni 2021, Mcdonald's Filipina mengatakan akan mengutamakan keselamatan pelanggan dan pekerja menjadi prioritas utama. Berbagai rencana antisipasi juga telah dilakukan jika nantinya akan terjadi antrean panjang dan keramaian yang membuat penumpukan pelanggan.

"Pelanggan yang akan membeli BTS Meal akan mengantre dengan jarak yang juga sesuaikan antara satu sama lain. Pekerja Mcdonal's akan memantau keramaian antrean pelanggan," kata pihak Mcdonald's Filipina.

Mcdonald's Indonesia tidak mempersilahkan pelanggannya untuk beli BTS Meal langsung ke penjualan gerai Mcdonald's dan hanya bisa dibeli melalui layanan tanpa turun atau drive thru maupun aplikasi online saja. Sedangkan Mcdonald's Filipina mempersilahkan para pelanggannya untuk datang dan membeli langsung paket BTS yang mereka inginkan dengan syarat mengikuti ketentuan antrean yang sudah ditetapkan oleh pihak Mcdonald's.

Berbagai koordinasi dengan pemerintahan setempat telah dilakukan untuk menjaga ketertiban serta keamanan peluncuran dan keselamatan berbagai pihak terkait. Pemerintah setempat bahkan juga telah menyiapkan anggota-anggota yang akan membantu mengatur kepadatan dan ketertiban antrean para pelanggan yang datang untuk membeli BTS Meal.

McD Filipina Luncurkan BTS Meal dengan Protokol Pengamanan KetatMcD Filipina Luncurkan BTS Meal dengan Protokol Pengamanan Ketat Foto: Instagram/mcdo_ph

Menggunakan masker dan face shield atau pelindung wajah menjadi syarat utama yang harus dipenuhi para pelanggan untuk bisa mengantre membeli BTS Meal. Setiap pelanggan yang datang juga akan diharuskan untuk mengisi pernyataan kesehatan secara manual melalui kode QR yang telah disiapkan.

Bagi pelanggan yang ingin memesan melalui drive thru juga diperkenankan, hanya saja mereka diharuskan untuk mengisi lembar pre-order untuk mengurai antrean pada jalur drive thru. Beberapa aplikasi online juga telah disiapkan untuk membantu para pelanggan memesan BTS Meal, yaitu ada GrabFood, foodpanda serta Pickaroo.

Pada antrean untuk pesanan online sekalipun akan ada staff Mcdonald's yang mengawasi dan memastikan antrean berjalan dengan lancar tanpa penumpukan. Menurut keterangan dari pihak Mcdonald's sudah ada penambahan sebanyak lebih dari 100 ribu pelanggan yang mendaftar untuk BTS Meal.

Untuk mengatasi kenaikan yang mungkin akan mencapai tiga kali lipat pada akhir pekan, Mcdonald's Filipina juga telah memberikan peraturan pembatasan yang sangat ketat. Setiap pelanggan hanya diperbolehkan untuk memesan paling banyak lima paket BTS Meal per transaksi di setiap media pemesanan.

Mcdonald's Filipina belajar banyak dari tragedi yang terjadi pada Mcdonald's Indonesia. Antusias yang terjadi demi 10 potong nugget ayam, kentang goreng dan segelas minuman bersoda menjadi hal yang benar-benar harus diperhatikan dan diatasi dengan sangat baik.

Baca juga: Ngakak! Pria Ini Berubah jadi Oppa Korea saat Makan BTS Meal



Simak Video "KuTips: 4 Cara Kreatif Daur Ulang Kemasan BTS Meal"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com