Sate Kaki Lima

5 Sate Ayam Blora dengan Kuah Kuning Bisa Dinikmati di Sini

Devi Setya - detikFood Kamis, 17 Jun 2021 15:30 WIB
Resep Sate Ayam Blora Foto: iStock
FOKUS BERITA Sate Kaki Lima
Jakarta -

Ada yang unik dari sajian sate ayam Blora, Jawa Tengah. Sate ayam ini disajikan dengan bumbu kacang halus dan semangkuk kuah kuning yang gurih. Yuk jajan sate Blora!

Masyarakat Blora, Jawa Tengah punya sate ayam unik. Berbeda dengan sate ayam Madura yang biasa dihidangkan bersama bumbu kacang kental, maka sate ayam Blora disajikan dengan saus kacang super halus dan kuah kuning.


Kuah santan berwarna kuning ini disajikan terpisah dengan sate. Cara menyantapnya yakni sate dicelupkan dalam kuah sebelum dilahap. Tak hanya bumbunya, sate ayam Blora juga aslinya dibuat dengan menggunakan ayam kampung.

Kalau di Blora, sate ayam yang ditusuk pakai lidi panjang disajikan dalam pincuk daun jati berisi lontong. Sate kemudian disiram kuah kuning mirip soto kuning. Sementara bumbu kacangnya sangat halus dan kental.

Ingin mencicipi sate Blora? Berikut ini 5 tempat di Jakarta yang menjual sate ayam Blora.


1. Sate blora tempelan


Di kawasan Puri Indah Jakarta Barat ada warung sate khas Blora yang tak boleh dilewatkan. Lokasinya berada persis di pinggir jalan jadi kamu bisa menemukannya dengan mudah. Sajian utama di warung ini tentu saja sate ayam khas Blora.

Pilihan menunya cukup lengkap. Kamu bisa memilih sate sesuai selera, ada sate ayam, sate kulit, sate ati dan sate ampela. Sate ini disajikan dengan bumbu kacang, lalu ada semangkuk kuah gulai sebagai pelengkap. Kamu bisa menyantapnya dengan nasi atau lontong.

Sate Blora Tempelan
Jl. Kembang Kerep No. 35, Puri Indah
Jakarta Barat
Telepon : 081383761644

2. Sate Blora Cirebon

Selain sate ayam khas Blora, di kedai satu ini juga ada sate kambing sebagai alternatif pilihan. Keduanya recommended untuk dicoba. Khusus untuk sate ayam, penyajiannya dilengkapi kuah gulai hangat.

Selain kuah gulai yang gurih lezat, bumbu sate di sini juga lebih sedap dengan teksturnya lembut dan creamy. Selain sate, di sini juga ada menu sop buntut sapi, sop buntut kambing, sop ayam hingga gule kambing.

Sate Blora Cirebon
Jl. Balai Pustaka Baru No. 3 Rawamangun
Jakarta Timur
Telepon : (021) 47862720

sate blora5 Sate Ayam Blora dengan Kuah Kuning Bisa Dinikmati di Sini Foto : instagram @lapermata

3. Sate blora remaja

Sate Blora di sini diolah menggunakan ayam petelur yang teksturnya lebih padat dan rasanya gurih. Soal harga memang lebih tinggi tapi sebanding dengan rasanya yang juara. Di sini juga bisa pesan sate sapi khas Blora.

Sebagai menu pendamping, jangan lupa pesan hidangan berkuah. Ada sop iga atau sup kambing yang hangat dan cocok jadi santapan makan malam. Warung ini buka sore hari hingga malam hari.

Pondok Sate Blora Remaja
Jl. Panglima Polim Raya No. 62 Melawai
Jakarta Selatan
Telepon : 085718598308

4. Sate blora agus


Warung sate di bilangan Duren Sawit, Jakarta Timur ini termasuk legendaris. Sate ayam diracik menggunakan daging ayam kampung. Rasa dan teksturnya jadi makin autentik, tak perlu ke Blora kalau mau santap sate khasnya.

Kuah gulai berwarna kuning yang disajikan terpisah membuat rasa sate makin juara. Kuah gurih ini dihidangkan hangat. Sate Blora Agus bisa dinikmati dengan nasi maupun lontong. Makin enak menyantap sate Blora dengan bumbu kacang dan irisan bawang merah.

Sate Blora Agus
Jl. I Gusti Ngurah Rai No. 30, Klender Duren Sawit
Jakarta Timur
Telepon : (021) 8606903


5. Sate Blora Aloen-aloen


Mau santap malam dengan sate Blora yang empuk berbumbu kacang lembut? Kamu bisa datang ke sate Blora Aloen-aloen di Duren Tiga, Jakarta Selatan. Sate ayamnya dijamin bikin ketagihan karena empuk dan berbumbu pekat.

Tak mau makan sate? Warung ini juga menyediakan lontong tahu, yakni ketupat yang disajikan dengan irisan tahu goreng dan tauge kemudian diguyur bumbu kacang. Makan sate bersama lontong tahu juga bisa jadi pilihan tepat.

Sate Blora Aloen-aloen
Jl. Pahlawan Kalibata No 11-12, Duren Tiga
Jakarta Selatan
Telepon : 082122043776



Simak Video "Berdiri Sejak 1954, Sate Ayam H. Ishak Selalu Laris Manis"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)
FOKUS BERITA Sate Kaki Lima

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com