Ekstrem! Rice Bowl Ini Lauknya Cicak Panggang dan Belatung

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 17 Jun 2021 16:30 WIB
Ekstrem! Rice Bowl Ini Lauknya Cicak Panggang dan Belatung Foto: Twitter/Site News
Jakarta -

Rice bowl biasanya diberi topping berbagai lauk kekinian. Tapi ada rice bowl versi ekstrem, yang lauknya terdiri dari cicak panggang sampai belatung.

Menu nasi putih hangat di dalam mangkuk kemudian disajikan dengan topping berbagai lauk, dan menu pelengkap memang tengah digandrungi banyak orang.

Dikenal juga dengan nama rice bowl, menunya lebih beragam. Seperti chicken salted egg, udang goreng, sapi lada hitam, ayam geprek, cumi katsu dan masih banyak lagi.

Tapi beragam menu rice bowl kekinian ini tidak akan tersaingi dengan menu rice bowl ekstrem. Seperti rice bowl dari Vietnam, yang menggunakan potongan cicak panggang utuh di atasnya. Tak ketinggalan rice bowl lauk belatung dan belalang di Jepang.

Berikut beberapa jenis rice bowl dengan lauk ekstrem dan aneh yang menantang.

1. Cicak Panggang

Cicak Panggang Rice BowlCicak Panggang Rice Bowl Foto: WOB

Cicak panggang mungkin masih masuk ke dalam daftar makanan ekstrem, aneh sampai tak lazim untuk disantap. Tapi di Vietnam, cicak ini sudah menjadi santapan sehari-hari yang enak dan digemari banyak orang.

Salah satunya cicak diolah menjadi lauk utama untuk hidangan rice bowl di sana. Cicak yang telah dibersihkan dan dijemur, dipanggang hingga garing kemudian disajikan di atas nasi putih.

Menu ini cukup populer, dan biasanya disantap dengan sayuran sampai sambal yang sedikit asam segar sebagai pelengkapnya. Selain dijadikan menu rice bowl, keripik dari cicak juga populer di Vietnam.

Baca Juga: Beda Banget! Rice Bowl Kekinian di Vietnam Ini Pakai Cicak Panggang

2. Belatung dan Belalang

Ekstrem! Rice Bowl Ini Lauknya Cicak Panggang dan BelatungEkstrem! Rice Bowl Ini Lauknya Cicak Panggang dan Belatung Foto: Twitter/Site News

Meski masuk ke dalam negara modern dan punya banyak kuliner enak. Tapi di Jepang ada menu rice bowl yang terbilang ekstrem, dan perlu keberanian khusus jika ingin mencicipinya.

Menu rice bowl ini memadukan lauk dari belalang dan belatung yang ditumis hingga garing, dengan beberapa bumbu dan kecap asin. Kemudian disajikan di atas nasi putih hangat.

Banyak yang percaya menu satu ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain itu serangga diklaim mengandung banyak protein yang sama seperti daging dan makanan lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Menjajal Rice Bowl di BSD Berukuran XL"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com