Ronaldo Singkirkan Coca-Cola, Ini Kandungan Gizi Minuman Soda

Devi Setya - detikFood Rabu, 16 Jun 2021 11:33 WIB
Ronaldo Singkirkan Coca-Cola, Ini Kandungan Gizi Minuman Soda Foto: Getty Images/choness
Jakarta -

Ronaldo terlihat menyingkirkan dua botol Coca-Cola saat tampil konferensi pers. Sebenarnya, apa saja komposisi minuman soda ini dan bagaimana kandungan gizinya?

Dilansir dari situs resminya, cocacola.co.id (16/6) sebotol Coca-Cola diracik dengan berbagai bahan baku seperti air, gula, kafein hingga pewarna makanan. Sebanyak 90% dari jumlah total Coca-Cola adalah air berkarbonasi. Sementara 10 persen sisanya terdiri dari campuran gula, pewarna makanan, asam fosfat dan kafein.

Air berkarbonasi merupakan karbon dioksida yang dimurnikan, yang memberikan "gelembung" atau "desis" khas Coca-Cola. Sementara kandungan gula dalam minuman ini berperan untuk memberi rasa manis. Sementara untuk produk Coca-Cola Zero Sugar dan Coca-Cola Light diklaim tidak memiliki kandungan gula sama sekali.

Ronaldo Singkirkan Coca-Cola, Ini Kandungan Gizi Minuman SodaRonaldo Singkirkan Coca-Cola, Ini Kandungan Gizi Minuman Soda Foto: Getty Images/choness

Penggunaan asam fosfat sebagai bahan baku Coca-Cola dimanfaatkan sebagai pemberi rasa tajam khas pada Coca-Cola. Terakhir ada kafein, zat yang rasanya agak pahit ini diandalkan untuk memberi sensasi sedikit pahit pada Coca-Cola.

Dalam satu kaleng Coca-Cola atau sekitar 355 ml mengandung 136 kkal, 0,07 gram lemak, 35,18 gram karbohidrat, 0,26 gram protein dan 0 mg natrium.

Minuman kola dikenal mengandung gula yang tinggi. Dalam Coca-Cola varian classic terdapat 10,6 gram gula untuk setiap 100 gram Coca-Cola. Untuk jenis Coca-Cola Zero tidak memiliki kandungan gula.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan konsumsi gula harian tidak boleh lebih dari 50 gram atau 6 sendok makan gula dalam sehari. Oleh karenanya, konsumsi minuman kola sebaiknya dibatasi.

Coca-Cola Classic adalah produk kola original dan ikonik yang diluncurkan pada tahun 1886. Hingga kini Coca-Cola masih eksis dan jadi pilihan para pencinta minuman bersoda.

REGGIO NELL'EMILIA, ITALY - MAY 12: Cristiano Ronaldo of Juventus warms up prior to the Serie A match between US Sassuolo and Juventus at Mapei Stadium - Città del Tricolore on May 12, 2021 in Reggio nell'Emilia, Italy. Sporting stadiums around Italy remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors.  (Photo by Alessandro Sabattini/Getty Images)Ronaldo Singkirkan Coca-Cola, Ini Kandungan Gizi Minuman Soda Foto: (Getty Images/Alessandro Sabattini)

Terkait Ronaldo yang menyingkirkan botol Coca-Cola di hadapan publik, pesepak bola ini memang dikenal punya gaya hidup sehat. Ia lebih memilih minum air mineral dibandingkan minum minuman bersoda.

Kepada anak sulungnya, Cristiano Ronaldo Jr, pesepak bola ini sangat keras melarang konsumsi kola. Kadang-kadang saya keras dengan dia karena dia minum Coca-Cola dan Fanta," kata Ronaldo, dikutip dari Give Me Sport, Rabu (16/6/2021)."



Simak Video "Pepsi Bakal Hengkang dari Indonesia, Kenapa?"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com