Sudah Minum Kopi Tapi Tetap Ngantuk, 6 Hal Ini Penyebabnya!

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 16 Jun 2021 05:00 WIB
4 Waktu Terlarang Minum Kopi Foto: iStock
Jakarta -

Kopi mengandung kafein yang bisa membuat terjaga. Namun, ada sebagian orang yang tetap ngantuk setelah minum kopi. Ini 6 penyebabnya!

Kopi adalah minuman yang diolah dari biji kopi. Minuman ini termasuk menyehatkan kalau mengonsumsinya dengan cara yang benar. Salah satunya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Untuk sebagian orang, kopi juga menjadi gaya hidup. Karenanya jumlah peminum kopi meningkat terus dan jenis minuman kopi makin banyak.

Kopi juga mengandung kafein yang tinggi. Zat inilah yang membuat orang sering terjaga setelah minum kopi. Tapi, ada juga sebagian orang malah mengantuk setelah mengonsumsinya.

Dilansir dari Bright Side, berikut 6 penyebab minum kopi malah ngantuk.

1. Tidak Sensitif Terhadap Kafein

Proffee Diracik dari Kopi dan Bubuk Protein, Benarkah Menyehatkan?kopi Foto: Getty Images/iStockphoto/

Ada sebagian orang yang merasakan sensitif terhadap kafein. Namun, banyak juga yang tidak merasakannya. Biasanya orang yang tidak sensitif terhadap kafein bisa mengonsumsi kopi dalam jumlah banyak.

Mereka yang tidak sensitif terhadap kafein juga tetap bisa tidur nyenyak walaupun mengonsumsi kopi 4 jam sebelum tidur. Hal ini juga diungkapkan dalam sebuah penelitian pada 785 sukarelawan yang banyak menemukan kalau kafein tidak mengganggu tidur mereka.

Baca Juga: Seram! Makan 5 Ekor Kodok Hidup, Pria Ini Kena Infeksi Parasit Berbahaya

2. Mendorong Adenosin dalam Tubuh

Minum kopi di siang hari memang paling nikmat. Banyak yang mempercayai kalau kafein bisa meningkatkan energi tubuh yang lelah. Namun, minum kopi di siang hari bisa mendorong tubuh untuk memproduksi adenosin.

Zat kimia yang mendorong rasa ingin tidur. Saat kamu akhirnya tidur di siang hari setelah minum kopi, tubuhmu akan terasa segar kembali dan berenergi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Yamaha V80 Ini Disulap Jadi Kedai Kopi Tengah Malam"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com