Seram! Makan 5 Ekor Kodok Hidup, Pria Ini Kena Infeksi Parasit Berbahaya

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 15 Jun 2021 15:31 WIB
Jus Kodok hingga Penis Hewan Jadi Santapan Lezat di Negara Ini Foto: Medium/Ist
Jakarta -

Makan kodok hidup sampai 5 ekor, pria asal China ini harus dilarikan ke rumah sakit. Ia mengalami infeksi parasit yang berbahaya.

Seorang pria asal China Timur, mengalami infeksi parasit yang cukup parah. Setelah menelan 5 ekor kodok hidup, karena ia percaya dapat membuatnya sehat dan kuat.

Baca Juga: Akibat Makan Daging Mentah, Orang-orang Ini Tubuhnya Digerogoti Cacing Pita

Dilansir dari SCMP (14/06), pria bernama Sun ini menyantap 5 ekor kodok tersebut. Setelah mendengar saran dari tetangganya, bahwa kodok dapat membuat tubuhnya lebih kuat.

A Titicaca water frog (Telmatobius culeus), native to the Titicaca lake is pictured in Cochabamba, Bolivia on August 07, 2018. - This endangered frog distinctive for its saggy-skinned appearance, is the biggest frog in the continent and has adapted to the high-altitude habitat (3,810 meters) of the Titicaca lake. (Photo by AIZAR RALDES / AFP)A Titicaca water frog (Telmatobius culeus) (Photo by AIZAR RALDES / AFP) Foto: AFP/AIZAR RALDES

Namun malang, dirinya justru harus dilarikan ke rumah sakit, setelah demam tinggi tak kunjung sembuh.

Menurut penjelasan pihak Rumah Sakit Zheijang University, Sun sehari-harinya bekerja sebagai petani di Yuhang, Hangzhou. Ia mengaku menangkap banyak kodok, dan langsung menelannya secara utuh dan masih hidup.

Sun termakan kata-kata tetangganya. Apalagis saat itu ia mengalam sakit tulang yang cukup parah.

Karena ulahnya ini, Sun harus berobat ke tiga rumah sakit yang berbeda. Awalnya para dokter tak sadar bahwa Sun mengalami infeksi parasit karena makan kodok. Sampai beberapa gejala lainnya mulai bermunculan.

Hasil dari pemeriksaan dokter, tubuh Sun dipenuhi oleh Spirometra Mansoni. Sejenis cacing pita yang ditemukan di dalam kodok.

Untungnya infeksi cacing pita ini belum menjalar sampai ke bagian mata atau otak. Di mana hal ini bisa berakibat fatal untuk keselamatan nyawanya.

Sekarang Sun sedang dalam tahap pemulihan. Para dokter bekerja keras untuk menyembuhkan infeksinya.

"Setiap tahunnya kita menerima pasien yang terinfeksi dengan parasit. Beberapa bahkan sakitnya cukup parah," pungkas Dokter Qu Tingting, perwakilan dari rumah sakit yang menangani kasus Sun.

Katak beracun Brachycephalus rotenbergaeKatak beracun Brachycephalus rotenbergae Foto: Daily Mail

Diketahui sebelumnya masih banyak orang-orang di China yang percaya dengan khasiat makan kodok hidup. Terutama di wilayah pedalaman, yang sudah mengkonsumsi daging kodok hidup sejak dulu.

Padahal banyak kasus infeksi hingga penyakit yang ditimbulkan dari makan kodok hidup. Sehingga para dokter menyarankan untuk berhenti mengkonsumsi makanan ini.

Baca Juga: Kacau! Hobi Makan Daging Sapi Mentah, Perut Pria Ini Penuh Cacing Pita



Simak Video "Bikin Laper: Review Menu Chinese Food yang Viral di BSD"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com