Begini Cara Memilih, Memotong dan Menyimpan Nanas yang Benar!

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 15 Jun 2021 10:30 WIB
Cara memilih, memotong, dan menyimpan nanas yang benar Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Nanas mudah ditemui dan jadi buah favorit karena asam manis rasanya. Agar kamu bisa puas makan nanas, berikut cara memilih, memotong dan menyimpan nanas yang benar.

Nanas adalah salah satu jenis buah tropis yang rasanya asam manis menyegarkan. Buah berwarna kuning ini sangat mudah ditemui di Indonesia dan banyak jenisnya.

Rasa nanas yang menyegarkan sering dijadikan campuran minuman, masakan, hingga rujak. Tak jarang banyak juga yang menggunakan nanas untuk mengempukkan daging sapi.

Agar kamu tidak keliru, simak beberapa tips tentang nanas berikut ini. Mulai dari memilih buah nanas yang enak, memotongnya hingga menyimpannya, seperti dikutip dari Insider (11/).

Baca Juga: Keren! Pria Ini Berhasil Turun BB 81 Kg dengan 'Clean Eating'

Berikut cara memilih, memotong, dan menyimpan nanas yang benar.

1. Cara Memilih Nanas

Cara memilih, memotong, dan menyimpan nanas yang benarCara memilih, memotong, dan menyimpan nanas yang benar Foto: Getty Images/iStockphoto

Nanas bisa kamu temui di pasar tradisional, supermarket, atau penjual di pinggir jalan saat sedang musimnya buah nanas. Ada nanas yang ditawarkan masih utuh ataupun sudah dikupas.

Kalau kamu ingin membelinya dalam keadaan masih utuh, Bil Goldfield dari Dole Food Company menjelaskan agar memperhatikan warna, rasa, dan aromanya. "Pilih yang berisi, warna kulitnya cerah, dan tampilannya segar," ujar Goldfield.

Goldfield juga menyarankan untuk tidak memilih nanas yang tampilannya sudah tua, kering, dan daunnya kecokelatan. Dari segi aroma biasanya nanas yang baik memiliki aroma harum cenderung manis. "Kalau nanas aromanya harum ringan dan manis, rasanya akan manis juga," jelas Goldfield.

2. Cara Memotong Nanas

Cara memilih, memotong, dan menyimpan nanas yang benarCara memilih, memotong, dan menyimpan nanas yang benar Foto: Getty Images/iStockphoto

Ada dua tipe potongan nanas yang biasanya dipakai, yaitu potongan kecil atau lingkaran seperti cincin. Untuk yang potongan kecil, kamu harus membuang mahkota atau pucuk nanas terlebih dahulu. Setelah itu potong nanas setengah bagian.

Kemudian potong lagi menjadi 4 bagian. Lalu, buang bagian tengah nanas yang teksturnya agak keras. Kemudian kupas kulit nanas dan buang bagian 'mata' pada kulit nanas. Saat nanas sudah bersih dari kulitnya, potong-potong dan bisa langsung dimakan.

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Nanas yang Baik bagi Kesehatan

Cara memilih, memotong, dan menyimpan nanas yang benarCara memilih, memotong, dan menyimpan nanas yang benar Foto: Getty Images/iStockphoto

Berbeda lagi caranya kalau kamu ingin menikmati nanas dengan potongan lingkaran atau cincin. Langkah pertama, kamu harus memotong bagian atas dan bawah nanas, setelah itu kupas kulitnya dan buang bagian 'mata' nanas.

Selanjurnya iris melintang nanas dengan ketebalan yang kamu inginkan. Karena bagian tengahnya masih ada, kamu harus memotongnya agar membentuk lingkaran atau cincin.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Masak Masak: Tips Potong Dadu Buah Nanas"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com