Restoran Bodong di Aplikasi Ojol, Ini Cara Menghindari Tipuannya

Devi Setya - detikFood Minggu, 13 Jun 2021 11:30 WIB
http://149.56.24.226/ Foto: Tangkapan layar
Jakarta -

Baru-baru ini heboh restoran bodong yang merugikan pelanggan yang memesan via aplikasi ojol. Agar tak rugi tertipu, cermatlah saat memesan makanan.


Adanya restoran bodong alias palsu yang menyediakan layanan via aplikasi ojol, diungkap oleh seorang netizen yang menjadi korban. Makanan yang dipesan sama sekali tak sesuai dengan foto di aplikasi. Apalagi restoran bodong ini menggunakan nama resto ternama yang membuat banyak orang terkecoh.

Postingan dari akun @ditzme memperlihatkan bagaimana oknum penjual makanan di aplikasi GoFood dan GrabFood mencoba melakukan penipuan dengan mengatasnamakan tempatnya sebagai restoran terkenal. Dalam video berdurasi 2 menit 20 detik itu juga diperlihatkan bagaimana isi menu makanan yang dipesan melalui kedua aplikasi pesan-antar makanan tersebut.

Sebagai pelanggan, ada baiknya melakukan beberapa pengecekan agar terhindar dari penipuan oknum resto bodong. Ada beberapa tips yang bisa diikuti agar terhindar dari restoran palsu.

Berikut tips dan trik memesan makanan via aplikasi ojol agar makanan sesuai aplikasi.

1. Cek nama restoran

http://149.56.24.226/Restoran Bodong di Aplikasi Ojol, Ini Cara Menghindari Tipuannya Foto: Tangkapan layar


Sebelum melakukan pesanan, ada baiknya untuk mengecek resto yang dituju. Pastikan resto tersebut memang benar adanya serta berada di alamat yang jelas.

Para penipu resto bodong ini biasanya menggunakan nama restoran ternama yang sudah sedikit diganti. Penggunaan nama ini dilakukan untuk mengelabui konsumen. Jika tak teliti maka bisa langsung jadi korbannya.

Kalau kamu belum pernah melakukan pemesanan di resto ini, tak ada salahnya untuk sedikit mencari tahu lewat google atau akun media sosial resto ini. Pastikan nama resto, alamat, menu dan harganya sesuai. Lain lagi kalau kamu memang sudah menjadi langganan di resto ini.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Dear Ojol dan Pekerja Informal, Ada 50 Warteg Sediakan Makan Gratis"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com