ADVERTISEMENT

Pasangan Tunanetra Jualan Sambal Saat Pandemi, Raup Rp 8,9 Juta Seminggu!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Rabu, 09 Jun 2021 13:00 WIB
Pasangan Tunanetra Jualan Sambal Saat Pandemi, Raup Rp 8,9 Juta Seminggu!
Foto: Facebook Yusri Azis

Yusri juga membuat tutorial video mengenai bagaimana pasangan tunanetra ini bisa menggunakan aplikasi Shopee dengan ponsel Android. Keduanya dibantu aplikasi Talkback.

Video ini kemudian dibagikan ulang di grup Facebook berisi para penjual Shopee, Shopee Uni. Zed Li dari Shopee Malaysia mengatakan, "Sangat luar biasa menyaksikan penjual lain melangkah maju dan membimbing Yusri tentang cara meningkatkan penjualannya. Kisah Yusri adalah contoh bagaimana kami membuat e-commerce dapat diakses oleh semua orang."

Dia juga menambahkan bahwa Shopee menyelenggarakan rata-rata 50 kelas online per bulan untuk melatih penjual tentang topik-topik seperti teknik dasar penjualan online, pemasaran, penanganan logistik dan layanan pelanggan online. Tujuannya agar penjual bisa mengoptimalkan penjualan mereka.

Pasangan Tunanetra Jualan Sambal Saat Pandemi, Raup Rp 8,9 Juta Seminggu!Pasangan Tunanetra Jualan Sambal Saat Pandemi, Raup Rp 8,9 Juta Seminggu! Foto: Facebook Yusri Azis

Sebelumnya, kisah sukses jualan sambal online juga dirasakan pengusaha Malaysia bernama Khairul Aming. Ia memperkenalkan Sambal Nyet dan setelah 3 bulan berjualan online, total penjualannya mencapai RM 1 juta atau sekitar Rp3,5 miliar!

Satu kemasan sambal racikannya ia jual di harga RM 13 (Rp 46.000). Karena terlalu laris, bahkan ia membatasi setiap orang hanya bisa membeli dua botol sambal miliknya.

Rahasia sukses Khairul ternyata ada pada keinginannya mendengarkan saran dan kritik dari pelanggan. Ia berkali-kali menyesuaikan rasa sambal hingga meningkatkan kepedasannya.

"Dari segi rasa dan kepedasan tentunya saya selalu menerima masukan dari pembeli, agar bisa memperbaikinya. Sekarang semua sambal saya dimasak lebih lama. Saya tambahkan lebih banyak bawang putih agar aromanya sedap. Tingkat kepedasannya juga saya tambahkan agar lebih nampol," tutur Khairul.

Baca Juga: Keren! Jualan Sambal Online, Pria Ini Hasilkan Rp 3,5 M Dalam 3 Bulan


(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT