Buka Selama 100 Tahun, Akhirnya Restoran Bersejarah di Asia Ini Tutup Karena Pandemi

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 08 Jun 2021 15:30 WIB
Buka Selama 100 Tahun, Akhirnya Restoran Bersejarah di Asia Ini Tutup Karena Pandemi Foto: Coliseum
Jakarta -

Salah satu restoran tertua di Malaysia dan Asia, Coliseum, akhirnya tutup untuk selamanya.Restoran ini sudah beroperasi selama 100 tahun lamanya.

Pandemi membuat satu per satu restoran legendaris hingga restoran bersejarah di berbagai negara, harus tutup dan gulung tikar. Sepinya pembeli dan diperketatnya aturan makan di restoran, membuat banyak bisnis kuliner ini tidak bisa bertahan lagi.

Baca Juga: Dampak Covid-19, Restoran Berusia 231 Tahun Ini Tutup Selamanya

Salah satu yang terkena imbasnya ada restoran Coliseum di Malaysia. Restoran ini pertama kali dibuka pada tahun 1921 atau 100 tahun yang lalu. Masa itu Malaysia masih dalam era kolonial.

Buka Selama 100 Tahun, Akhirnya Restoran Bersejarah di Asia Ini Tutup Karena PandemiBuka Selama 100 Tahun, Akhirnya Restoran Bersejarah di Asia Ini Tutup Karena Pandemi Foto: Coliseum

Saat itu Coliseum dikenal sebagai restoran yang menggabungkan hidangan Hainan, China dan Western atau Eropa. Banyak pesohor, turis, selebriti, orang kaya yang jadi langganan di restoran ini.

Salah satu menu andalannya ada Baked Crab, sup buntut, sup ayam Hainan, steak, sampai kambing panggang. Banyak menu populer yang masih dipertahankan hingga kini.

Selamaberoperasi hampir seratus tahun, Coliseum membuka beberapa cabang di Malaysia. Namun sayangnya, gerai pertama Coliseum yang penuh sejarah di Kuala Lumpur harus ditutup selamannya.

Dilansir dari SAYS (08/06), kabar ini disampaikan oleh Manager Marketing Coliseum, Azrain Azman.

Buka Selama 100 Tahun, Akhirnya Restoran Bersejarah di Asia Ini Tutup Karena PandemiBuka Selama 100 Tahun, Akhirnya Restoran Bersejarah di Asia Ini Tutup Karena Pandemi Foto: Coliseum

Gerai utama Coliseum di gedung bersejarah yang ada di Jalanan Tuanku Abdul Rahman 4, kontraknya berakhir di tahun ini.

"Iya benar, Coliseum gerai utama ini ditutup selamanya," ungkap Azrain.

Penutupan ini tepat sebelum restoran Coliseum merayakan ulang tahun mereka yang ke-100. Tentunya kabar ini membuat banyak orang terutama pelanggan setianya sedih.

"Kami dengan berat hati mengumumkan, bahwa kami tidak bisa merayakan ulang tahun Coliseum yang ke-100. Kami tidak bisa bertahan sejak pembatasan sosial (MCO). Di mana kami sangat mengandalkan para tamu yang datang, dan pelanggan setia untuk makan di sini. Tapi sekarang tidak bisa, karena sedang adanya lockdown," lanjut Azrain.

Namun, Azrain menyebutkan bahwa para penggemar Coliseum yang masih menyuakai makanan mereka, tak perlu terlalu bersedih. Karena gerai Coliseum lainnya di Malaysia akan tetap dibuka.

Coliseum bukan satu-satunya restoran atau tempat makan bersejarah, yang harus tutup karena pandemi. Sebelumnya ada juga tempat makan laksa paling terkenal di Penang.

Laksa Air Itam ini harus tutup setelah puluhan tahun beroperasi. Alasannya karena omzet yang terus menurun sejak pandemi melanda Penang di tahun 2020.

Baca Juga: Imbas Pandemi, Air Itam Laksa yang Telah Berjualan 66 Tahun Akhirnya Tutup



Simak Video "Cerita Soto Lamongan Yang Sudah Lezat Dari Tahun 1987"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com