ADVERTISEMENT

Seabad Soeharto, Mantan Presiden yang Doyan Belut Goreng dan Bakso

Devi Setya - detikFood
Selasa, 08 Jun 2021 14:00 WIB
Soeharto
Foto: dok. detik

4. Ikan bilih


Momen Pak Harto makan ikan bilih terekam jelas dalam memori mantan Gubernur Sumatera Barat, Azwar Anas. Pada beberapa kali kunjungan ke Sumbar, Pak Harto selalu lahap menyantap ikan bilih. Ikan kecil dari danau Singkarak ini memang memiliki rasa gurih dan paling enak dimasak dengan digoreng renyah.

"Dari beberapa kali kunjungan, saya jadi tahu bahwa Pak Harto menyukai ikan bilih dari Danau Singkarak. Pak Harto sangat menikmatinya. Oleh karena itulah istri saya selalu memasakkan ikan bilih jika Pak Harto sedang berdinas ke Sumatera Barat dan sesekali mengirim ikan bilih ke kediaman Pak Harto," kata Azwar Anas dalam Pak Harto The Untold Stories.

5. Bakso

bakso cendanaSeabad Soeharto, Mantan Presiden yang Doyan Belut Goreng dan Bakso Foto: Devi S. Lestari / detikFood

Pria kelahiran 8 Juni 1921 ini juga penggemar bakso. Hal ini diungkap oleh Andi, penjual bakso gerobak yang sering mangkal di jalan Cendana. Kepada detikFood, Andi mengatakan kalau Pak Harto kerap memesan bakso buatannya.

Tak hanya Pak Harto, bahkan anak-anaknya juga doyan jajan bakso yang kini populer dengan sebutan Bakso Cendana ini. Selera Pak Harto cukup sederhana yakni semangkuk bakso berkuah kaldu dengan pelengkap bihun.

Dalam beberapa acara juga Pak Harto sering memesan bakso ini untuk disuguhkan kepada para tamu. Saking langganannya, Andi bahkan sudah dianggap seperti keluarga oleh Pak Harto. Ia pernah diberi hadiah untuk pergi haji secara gratis.



Simak Video "Bikin Laper: Pizza dan Pasta yang Bikin Nafsu Makan"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT