Titiek Soeharto Bocorkan Resep Sambal Racikan Ibu Tien, Bisa Dicontek

Devi Setya - detikFood Selasa, 01 Des 2020 15:30 WIB
Titiek Soeharto Bocorkan Resep Sambal Racikan Ibu Tien Foto: instagram @titieksoeharto
Jakarta -

Putri pasangan Alm. Soeharto dan Almh. Tien membocorkan sendiri resep sambal racikan sang ibu. Titik Soeharto bahkan menunjukkan cara membuat sambal favorit keluarga Cendana ini.

Bagi masyarakat Indonesia, sambal seolah jadi pelengkap makan yang wajib ada tiap kali makan. Demikian juga di rumah keluarga mantan presiden Soeharto. Jadi tak heran kalau mendiang Ibu Tien dulu punya resep sambal andalan.

Titiek Soeharto Bocorkan Resep Sambal Racikan Ibu TienTitiek Soeharto Bocorkan Resep Sambal Racikan Ibu Tien Foto: instagram @titieksoeharto

Resep sambal Keluarga Cendana ini dibocorkan langsung oleh Titiek Soeharto. Ia bahkan mempraktekkan cara mengulek sambal istimewa ini.

"Aku ingin sharing bikin sambel ala Ibu Tien. Sambel ini istmewa, cuma ibuku yang bisa bikin," kata Titiek yang sudah siap meracik sambal.

Untuk membuat sambal ini, Titiek menyebutkan bahan-bahannya yakni cabai merah, bawang merah, cabai rawit, tomat, terasi, garam, gula pasir, irisan kulit jeruk sambal dan minyak jelantah yang dipanaskan. Nantinya sambal ini disajikan untuk melengkapi ikan dan udang bakar.

"Dulu.. biasanya kalau akhir pekan kita liburan ke pulau... subuh Bapak sudah berangkat mancing ketengah laut.., siang sebelum dhuhur pulang dgn hasil pancingan yg banyak.. dan Ibu akan menyiapkan sambel istimewanya utk disantap dgn nasi panas dan ikan bakar hasil pancingan Bapak...
Kenangan indah bagi kami yg tak terlupakan," beber Titiek sambil mengenang masa kecilnya.

Titiek meracik sambal andalan sang ibu menggunakan cobek. Satu per satu bahan ditaruh di atas cobek batu dan mulai diulek. Tangan Titiek terlihat luwes mengulek sambal.

Berbeda dengan sambal terasi yang umumnya diulek halus, sambel yang satu ini sengaja diulek kasar. Terakhir, sebelum disajikan sambal ini diguyur dengan minyak jelantah panas.

"Kalau sudah coba bikin sekali, pasti nagih. Sambal istimewa Ibu Tien," kata Titiek.

Tak hanya membuat sambal, Titiek juga membuat orak arik tiram. Ia membeli sendiri tiram di pasar Kedonganan di Bali.

Titiek Soeharto Bocorkan Resep Sambal Racikan Ibu TienTitiek Soeharto Bocorkan Resep Sambal Racikan Ibu Tien Foto: instagram @titieksoeharto

Tiram segar ini ditumis dengan mentega hingga matang. Kemudian Titiek memasak telur ayam yang sudah dicampur daun bawang, cabai dan garam. Kemudian telur dimasak sambil diaduk dan dicampur tiram. Menu satu ini super mudah dibuat.

Setelah semua masakan matang, Titiek menikmati makan siangnya dengan suasana outdoor. Ia menyantap nasi dengan ikan bakar, udang bakar, orak arik tiram dan pastinya sambal.


"Enak, mengingatkanku pada Almarhum Ibu. Ibuuuu ternyata aku bisa bikin sambal ibuu," ujar Titiek di akhir video.



Simak Video "Usaha Sambal Pecel Jadi Cuan Saat Pandemi!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com