ADVERTISEMENT

Seabad Soeharto, Mantan Presiden yang Doyan Belut Goreng dan Bakso

Devi Setya - detikFood
Selasa, 08 Jun 2021 14:00 WIB
Soeharto
Foto: dok. detik

2. Mie instan

Orang sekelas Pak Harto pun ternyata doyan mie instan. Meski tidak sering tetapi Pak Harto kerap menikmati mie instan sebagai makanan selingan. Menu andalan anak kost ini bahkan pernah menjadi suguhan untuk para tamu.

JB Sumarlin yang pernah menjabat sebagai menteri keuangan mengatakan pernah disuguhi mie instan hangat ketika berkunjung ke kediaman Pak Harto di Jalan Cendana, Jakarta Pusat. Saat disuguhi mie instan tahun 1984, JB Sumarlin sempat terkejut namun ia justru asyik menyantapnya bersama sang presiden.

"Setelah menunggu sekitar tiga menit, baru mie instan itu diaduk. Kami pun menyeruput kuahnya dan makan bersama. Itulah pertama kali saya makan mie instan," kenang Sumarlin dalam Pak Harto The Untold Stories.

3. Belut goreng

Belut gorengSeabad Soeharto, Mantan Presiden yang Doyan Belut Goreng dan Bakso Foto: Makan Jogja


Satu lagi makanan ndeso yang tak pernah dilewatkan Pak Harto yakni belut goreng. Belut goreng yang rasanya gurih ini menjadi makanan kenangan ketika Pak Harto masih kanak-kanak.

"Hidangan yang paling saya sukai adalah tetap lodeh buatan istri saya sendiri, atau ikan bakar atau goreng belut yang membawa kenangan di masa kanak-kanak," kata Soeharto Seperti ditulis dalam autobiografi Soeharto Pikiran Ucapan dan Tindakan Saya yang diterbitkan Cipta Lamtoro Gung Persada.



Simak Video "Nasi Kuning Sambal Roa yang Menggugah Selera"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT