Seabad Soeharto, Mantan Presiden yang Doyan Belut Goreng dan Bakso

Devi Setya - detikFood Selasa, 08 Jun 2021 14:00 WIB
Soeharto Foto: dok. detik
Jakarta -

Hari ini seabad kelahiran mantan Presiden Soeharto. Ia dikenal sebagai sosok yang sederhana, termasuk soal pilihan makanan. Makanan favoritnya belut goreng dan bakso.

Menjabat sebagai Presiden Indonesia selama 32 tahun tentu membuat Soeharto bisa menikmati beragam makanan mewah. Tapi sebaliknya, pria yang akrab disapa Pak Harto ini justru memilih untuk menyantap makanan sederhana yang cenderung ndeso.


Dalam banyak kesempatan, Soeharto beberapa kali mengungkapkan deretan makanan favoritnya mulai dari ikan goreng, belut goreng bahkan tiwul.

Apa saja makanan sederhana yang jadi favorit Alm. Pak Harto? Dilansir dari berbagai sumber, berikut deretan makanan favorit Pak Harto.

1. Tiwul

Bagi masyarakat Jawa, tiwul bukanlah makanan yang asing. Makanan sumber karbohidrat yang terbuat dari singkong ini kerap dijadikan pilihan saat tak mampu membeli beras. Ya, tiwul masuk dalam kategori makanan pengganti nasi yang harganya murah meriah.

Dalam buku Pak Harto : The Untold Story karya Mahpudi, suami dari Ibu Tien ini mengungkapkan kegemarannya makan tiwul. "Jangan terlalu banyak makan daging. Kalau mau rendah kolesterol, makan tiwul dan jangan sayur tempe," kata Pak Harto. Hal serupa juga dikatakan Soeharto kepada Harmoko, mantan Menteri Penerangan Indonesia agar perbanyak makan tiwul.

Tiwul sendiri merupakan olahan yang terbuat dari singkong parut yang dimasak bersama gula aren. Teksturnya padat dan rasanya sedikit manis. Karena terbuat dari singkong, maka tiwul ini ampuh membuat perut terasa kenyang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Rekomendasi Nasi Bakar Ikan yang Juara"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com