Netizen Ini Pesan Makanan di Jepang Pakai Bahasa Jawa: Yang Penting Yakin!

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 06 Jun 2021 16:00 WIB
Netizen Ini Pesan Makanan di Jepang Pakai Bahasa Jawa: Yang Penting Yakin! Foto: Instagram/viralno.1
Jakarta -

Pria Indonesia ini tidak fasih berbahasa Jepang. Uniknya, ia malah memesan makanan dengan bahasa Jawa di salah satu restoran di Jepang.

Beragamnya bahasa yang digunakan di dunia membuat banyak orang terkadang kesulitan untuk berkomunikasi ketika berada di negara yang bukan asalnya. Terlebih beberapa negara juga banyak yang masih baku dengan bahasa asal mereka dan minim penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional.

Misalnya seperti Jepang, Korea Selatan, Korea Utara, China dan beberapa negara lain yang pengguna bahasa Inggrisnya masih cukup minim. Di negara-negara tersebut tidak ada pilihan selain mempelajari bahasa setempat untuk bisa berkomunikasi dengan baik.

Sayangnya, mempelajari suatu bahasa bukan hal yang sangat mudah untuk dilakukan dengan cepat. Seperti salah satu WNI yang sedang berada di Jepang ini, ia bahkan mencampur berbagai bahasa untuk memesan makanan di sebuah restoran. Mulai dari bahasa Inggris, Arab hingga bahasa Jawa.

Netizen Ini Pesan Makanan di Jepang Pakai Bahasa Jawa: Yang Penting Yakin!Netizen Ini Pesan Makanan di Jepang Pakai Bahasa Jawa: Yang Penting Yakin! Foto: Instagram/viralno.1

Dilansir melalui akun Instagram viralno.1 (3/6), terlihat pria Indonesia yang sedang berada di Jepang ini memesan makanan di salah satu restoran. WNI yang diketahui bernama Ragi Ariyanto tersebut tengah berjalan menuju sebuah restoran yang berada persis di sisi sebuah persimpangan.

"Kita coba masuk rumah makan Jepang," kata Ragil.

Baca juga: Kocak! Pesan Makanan Pakai Bahasa Thai Pria Ini Malah Kebingungan

Ia sempat melihat beberapa menu yang terpampang pada halaman depan restoran tersebut. Kemudian ia langsung beranjak membuka pintu restoran dan masuk untuk memesan makanan.

"Assalamualaikum, open? Open ya? (Assalamualaikum, buka? Buka ya?)," kata Ragil.

Pekerja yang ada di restoran tersebut langsung menyambutnya dengan hangat. Teriakan sambutan yang begitu keras terdengar bahkan dari bagian dapur.

Netizen Ini Pesan Makanan di Jepang Pakai Bahasa Jawa: Yang Penting Yakin!Netizen Ini Pesan Makanan di Jepang Pakai Bahasa Jawa: Yang Penting Yakin! Foto: Instagram/viralno.1

Ragil melihat-lihat menu apa yang sekiranya akan ia pesan. Perbedaan bahasa antara Ragil dan pekerja restoran membuat keduanya kesulitan berkomunikasi.

"Rice ok? (Maksudnya, pakai nasi?)," tanya pekerja restoran tersebut.

"Yes, yes. Rice, oke. Sego (Ya, ya. Pakai nasi. Nasi.)," kata Ragil.

Perbedaan bahasa yang terjadi antara keduanya bahkan menuntut keduanya untuk berbicara dengan bahasa isyarat. Saat ditanyakan berapa total harga yang harus dibayarkan, pekerja restoran hanya mengangkat jari tangannya menunjukkan angka lima.

Netizen Ini Pesan Makanan di Jepang Pakai Bahasa Jawa: Yang Penting Yakin!Netizen Ini Pesan Makanan di Jepang Pakai Bahasa Jawa: Yang Penting Yakin! Foto: Instagram/viralno.1

"Lima ngatus? (Lima ratus?)," tanya Ragil yang ingin membayar.

Unggahan video ini menarik perhatian netizen karena kelucuan antara keduanya saat kesulitan berkomunikasi. Video yang viral tersebut diramaikan oleh komentar para netizen yang tertawa melihat situasi yang terjadi pada video tersebut.

"@jeromepolin menangis lihatnya," tulis akun @daffa_adhipramana.

"Hahahaha yang penting makan kenyang," tulis akun @zertamp99.

Baca juga: Makan Pakai Bahasa Thailand, Ukhti Ini Digombalin Netizen Indonesia



Simak Video "Ko'Ju, Resto Hidangan Jepang Mungil Dekat MRT Cipete"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com