5 Makanan Korea Terkenal Ini Aslinya Nonhalal, Apa Saja Ya?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 06 Jun 2021 17:00 WIB
5 Makanan Korea Terkenal Ini Aslinya Nonhalal, Apa Saja Ya? Foto: Getty Images/iStockphoto/whitewish
Jakarta -

Makanan Korea ini dikenal sebagai makanan halal karena tidak mengandung babi, tapi ternyata makanan ini umumnya bersifat nonhalal di negara asalnya. Apa saja ya?

Makanan khas Korea Selatan banyak yang mendunia karena budaya K-pop, lewat musik dan dramanya, menyebar ke banyak negara. Tak jarang, orang-orang di luar negeri kini menggandrungi makanan Korea.

Ada makanan Korea yang sudah jelas-jelas nonhalal karena versi aslinya memang mengandung babi, namun ada juga makanan Korea yang di banyak negara dikenal sebagai makanan halal padahal di negara asalnya mungkin tidak halal.

Hal ini lantaran makanan Korea tersebut dibuat dengan kandungan babi. Apa saja ya makanan Korea terkenal yang mungkin nonhalal ini?

1. Jajangmyeon

5 Makanan Korea Terkenal Ini Aslinya Nonhalal, Apa Saja Ya?5 Makanan Korea Terkenal Ini Aslinya Nonhalal, Apa Saja Ya? Foto: Getty Images/iStockphoto/whitewish

Jajangmyeon adalah olahan mi terkenal dari negeri ginseng. Tampilanya hitam karena mi dibalut pasta kacang kedelai hitam. Jajangmyeon diberi pelengkap daging dan ragam sayuran.

Untuk daging, aslinya jajangmyeon di Korea memakai daging babi. Kalaupun ada restoran yang menyediakan jajangmyeon pakai daging sapi atau seafood, jumlahnya sangat sedikit. Di Indonesia sendiri, restoran Korea kebanyakan mengganti daging babi pada jajangmyeon dengan ayam, sapi, atau seafood sehingga bisa dinikmati muslim.

2. Corn dog

Corn dog belakangan tengah hits di Indonesia sebagai jajanan kaki lima. Berupa adonan tepung berisi sosis atau keju mozzarella. Sosis yang dipakai di sini tentu saja yang halal karena merupakan sosis ayam atau sapi.

Tapi corn dog di Korea ternyata masuk makanan nonhalal karena memakai sosis daging babi. Para muslim yang sedang traveling ke Korea pun disarankan tidak jajan corn dog.

3. Kimchi jjigae

5 Makanan Korea Terkenal Ini Aslinya Nonhalal, Apa Saja Ya?5 Makanan Korea Terkenal Ini Aslinya Nonhalal, Apa Saja Ya? Foto: Getty Images/iStockphoto/whitewish

Kimchi jjigae alias sup kimchi populer sebagai makanan berkuah asal Korea. Di beberapa restoran Korea di Indonesia, menu ini dijual dan banyak jadi favorit. Isiannya beragam seperti daging dan sayuran.

Untuk daging, kimchi jjigae di Korea kebanyakan memakai daging babi. Meski ada juga beberapa restoran yang menyajikan sup kimchi ini dengan daging sapi atau tuna.

4. Gamjatang

Makanan Korea nonhalal selanjutnya adalah gamjatang. Selintas tampilannya seperti sup kentang biasa karena memang salah satu isian gamjatang adalah kentang.

Tapi muslim yang ke Korea harus menghindari menu ini karena gamjatang dibuat dari kaldu tulang babi. Makanan nonhalal ini jadi favorit orang Korea karena rasanya yang gurih enak.

5. Tangsuyuk

5 Makanan Korea Terkenal Ini Aslinya Nonhalal, Apa Saja Ya?5 Makanan Korea Terkenal Ini Aslinya Nonhalal, Apa Saja Ya? Foto: Getty Images/iStockphoto/whitewish

Tangsuyuk adalah makanan Korea yang aslinya berasal dari China. Tampilannya selintas mirip daging goreng tepung biasa, tapi muslim tidak boleh memakannya ya!

Sebab tangsuyuk di Korea umumnya dibuat menggunakan daging babi, meski ada juga restoran yang punya tangsuyuk versi daging sapi atau ayam. Tangsuyuk dinikmati bersama cocolan saus asam.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com