Vicky Lau, Chef Wanita Asia Pertama yang Kantongi 2 Bintang Michelin

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 04 Jun 2021 11:00 WIB
Vicky Lau, Chef Wanita Asia Pertama yang Kantongi 2 Bintang Michelin Foto: Instagram.chefvickylau
Jakarta -

Usaha para chef agar restorannya mendapat bintang Michelin tidaklah mudah. Vicky Lau berhasil menjadi chef wanita pertama dari Asia yang mengantongi dua bintang Michelin.

Jika pekerjaan memasak di rumah selalu dikaitkan dengan perempuan, tetapi untuk profesi chef justru lebih didominasi para lelaki. Persaingan pada tingkat chef profesional antara perempuan dan laki-laki tampaknya masih kurang seimbang.

Perbandingan jumlah antara chef laki-laki dengan chef perempuan pun masih sangat jauh persentasenya. Tetapi seorang chef perempuan asal Hong Kong mampu membuktikan keahliannya dan bersaing bersama chef profesional lainnya.

Chef perempuan asal Hongkong ini mampu mendapatkan dua bintang penghargaan Michelin-Star (bintang Michelin) setelah kerja keras yang cukup panjang. Ia bahkan dinobatkan sebagai chef wanita pertama dari Asia yang memiliki dua bintang Michelin.

Vicky Lau, Chef Wanita Asia Pertama yang Kantongi 2 Bintang MichelinVicky Lau, Chef Wanita Asia Pertama yang Kantongi 2 Bintang Michelin Foto: Instagram.chefvickylau

Dilansir melalui South China Morning Post (1/6) menyampingkan statusnya sebagai pemegang dua penghargaan bintang Michelin-Star, Vicky Lau mengatakan bahwa persaingan ini untuk meningkatkan kesetaraan gender pada profesi yang didominasi oleh pria ini. Namun, keberhasilannya menggenggam dua bintang Michelin-Star menjadi harapan baru untuk Vicky.

Vicky memulai karirnya sebagai chef profesional setelah ia berhasil mendirikan sebuah kafe kecil sejak lebih dari sepuluh tahun lalu. Selama itu Vicky fokus pada pengembangan kafe kecilnya untuk menjadi sebuah restoran besar yang menjadi perbincangan orang banyak.

Usaha Vicky ternyata tidak sia-sia. Kafe kecil ini telah berubah menjadi restoran yang menyajikan menu fusion Chinese-Europe. Restoran ini berhasil mendapatkan penghargaan dua bintang Michelin-Star di awal tahun 2021. Penghargaan tersebut diberikan karena baik restoran dan chefnya, yaitu Vicky Lau, menjadi perbincangan dan sangat dicari oleh banyak wisatawan.

Jika biasanya chef profesional yang telah mendapatkan penghargaan ini mengatakan bahwa penghargaan tersebut tidak terlalu banyak arti, berbeda dengan Vicky. Vicky Lau, 40, justru mengatakan bahwa awalnya penghargaan ini bukan yang ia inginkan di awal karirnya, namun lama kelamaan penghargaan Michelin-Star menjadi sebuah tujuan.

"Aku tidak masuk ke industri ini karena menginginkan semua perhargaan yang aku dapatkan sekarang. Tetapi lama kelamaan, ini menjadi sebuah tujuan," kata Vicky.

Baca juga: Ana Ros Raih Gelar Chef Wanita Terbaik Dunia Tahun 2017

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com