Ana Ros Raih Gelar Chef Wanita Terbaik Dunia Tahun 2017

ADVERTISEMENT

Ana Ros Raih Gelar Chef Wanita Terbaik Dunia Tahun 2017

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Rabu, 25 Jan 2017 06:22 WIB
Foto: theupcoming.co.uk
Jakarta - Tiap tahun The World's 50 Best Restaurants memilih chef wanita terbaik dunia. Kali ini Chef Ana Ros yang meraih gelar bergengsi ini.

Chef Ana Ros dinobatkan sebagai The World's Best Female Chef 2017. Ia dijadwalkan menerima penghargaan pada acara The World's 50 Best Restaurants yang akan berlangsung 5 April 2017 di Royal Exhibition Building, Melbourne.

Dikutip dari theupcoming.co.uk (24/1), Ros tumbuh dengan kemampuan memasakk yang banyak pengaruh dari masakan negara sekitar Slovenia. Termasuk Italia, Hungaria, Austria, dan Kroasia.
Ana Ros Raih Gelar Chef Wanita Terbaik Dunia Tahun 2017Foto: theupcoming.co.uk

Di restoran Hisa Franko miliknya, Ros berkreasi membuat masakan khas Slovenia dan bahan-bahan lokal di sekitarnya. Semakin unik karena dalam menjalankan restoran ia bekerja sama dengan suaminya, Valter, yang merupakan seorang sommelier.

Awal karir Ros dimulai tahun 2000 saat dirinya mengambil alih kepemilikan Hisa Franko yang dulunya dimiliki ayah Valter. Dengan ilmunya, ia lalu membuat menu-menu musiman yang menyoroti penggunaan bahan lokal nan segar sekaligus memperkenalkan pencinta makanan pada masakan khas Slovenia.

Bukan hanya kemampuan memasak, Ros juga dikenal dengan kedermawanannya. Chef berusia 44 tahun ini bepergian ke India untuk mengajarkan gadis-gadis kurang beruntung memasak. Ia juga rutin mengadakan pelatihan tahunan untuk anak-anak setempat di dapurnya.
Ana Ros Raih Gelar Chef Wanita Terbaik Dunia Tahun 2017Foto: theupcoming.co.uk

"Penghargaan ini mengejutkan bagi saya. Ini adalah tanggung jawab besar untuk menerima penghargaan ini, terlebih saya tidak pernah mengenyam pendidikan kuliner," ujar Ros.

Namun baginya penghargaan ini membuka peluang bagi orang-orang untuk menjadikan Slovenia sebagai destinasi gastronomi. Sebelum Ros, penghargaan The World's Best Female Chef diberikan pada Dominique Crenn tahun 2016, diikuti Hélène Darroze (2015), Helena Rizzo (2014), Elena Arzak (2013), Nadia Santini (2012) dan Anne-Sophie Pic (2011). (adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT