Setelah Pisang, Cara Makan Sandwich Sesuai Etiket Ini Juga Jadi Sorotan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 04 Jun 2021 07:00 WIB
Setelah Pisang, Cara Makan Sandwich Sesuai Etiket Ini Juga Jadi Sorotan Foto: Sora News 24
Jakarta -

Sebelumnya viral etiket makan pisang dengan pisau dan garpu. Kini cara makan sandwich sesuai etiket pun jadi sorotan. Seperti apa ya?

Sandwich atau roti lapis merupakan kudapan favorit orang-orang di banyak negara. Cara makannya praktis karena tinggal menggigit setangkup roti, penikmatnya bisa langsung menikmati semua isiannya.

Namun cara makan sandwich seperti ini dinilai kurang elegan untuk jamuan formal. Karenanya Emi Sunai, perwakilan dari sekolah etiket di Jepang bernama Manner School Livium memberi pandangannya.

Dikutip dari Sora News 24 (3/6), penulis buku Things Only Well-Bred People Know (Sodachi ga Ii Hito Dake ga Shitteiru Koto) ini jadi sorotan setelah mengungkap cara makan sandwich yang elegan dalam acara TV berjudul The Class I Want to Take Most in the World (Sekai-ichi Uketai Jugyo).

Setelah Pisang, Cara Makan Sandwich Sesuai Etiket Ini Juga Jadi SorotanSetelah Pisang, Cara Makan Sandwich Sesuai Etiket Ini Juga Jadi Sorotan Foto: Sora News 24

Baca Juga: Ibu-ibu 'Kolombus' Bikin Resah, Begini Etiket Bungkus Makanan di Acara Hajatan

Sunai bilang, penikmat sandwich harus makan roti lapis ini dalam posisi terbalik (posisi roti vertikal). Pasalnya, memakan sandwich dengan cara biasa (posisi roti horizontal) memperlihatkan bekas gigitan yang membuatnya jadi tidak elegan.

Menurut Sunai, ada dua cara menghindari bekas gigitan sandwich terlihat oleh orang lain. Pertama, memotong sandwich dalam ukuran kecil sehingga bisa langsung masuk mulut dalam satu suapan.

Setelah Pisang, Cara Makan Sandwich Sesuai Etiket Ini Juga Jadi SorotanSetelah Pisang, Cara Makan Sandwich Sesuai Etiket Ini Juga Jadi Sorotan Foto: Sora News 24

Kedua, membalikkan sandwich seperti yang dijelaskan di atas. Menurut Sunai, cara ini juga punya keunggulan yaitu mencegah isian sandwich berjatuhan saat digigit. Ia menilai makan sandwich dengan posisi roti vertikal memungkinkan penikmatnya makan dengan anggun.

Sayangnya cara makan sandwich sesuai etiket ini mendapat banyak sorotan dari netizen Jepang. Kebanyakan dari mereka menilai cara Sunai sangatlah aneh.

"Bukannya isian sandwich malah berjatuhan kalau dimakan seperti itu (posisi itu terbalik)?", komentar seorang netizen. "Masalahnya adalah, meski kamu makan sandwich dengan cara ini, tetap tidak membuat kamu menjadi seseorang yang 'anggun'," kata netizen lain.

Baca Juga: Mungkin Tanpa Sengaja Anda Lakukan 5 Kesalahan Sepele Ini Saat Jamuan Makan

Setelah Pisang, Cara Makan Sandwich Sesuai Etiket Ini Juga Jadi SorotanSetelah Pisang, Cara Makan Sandwich Sesuai Etiket Ini Juga Jadi Sorotan Foto: Sora News 24

Secara khusus Sunai memang menyebut sandwich yang dimaksud adalah yang kerap disajikan di acara afternoon tea dimana ukurannya lebih kecil. Namun dia menambahkan, cara ini juga bisa digunakan saat makan burger yang mana dinilai makin aneh oleh banyak orang.

Sebelumnya, etiket makan yang jadi sorotan adalah cara makan pisang saat jamuan formal. Pakar etiket Sofia Marbella menyarankan penggunaan pisau dan garpu.

Pertama, potong ujung atas dan bawah pisang. Kemudian, kupas kulit pisang secara horizontal menggunakan ujung pisau dan biarkan kulit itu menempel di piring. Kemudian potong-potong daging buah pisang dengan pisau dan nikmati secara elegan menggunakan garpu.

Cara ini juga mendapat banyak pandangan. Ada yang pro karena merasa Sofia hanya menyampaikan ilmu etiket, tapi banyak juga yang kontra karena menilai cara yang disarankan aneh.

Kebanyakan netizen menilai makan pisang dengan pisau dan garpu hanya membuatnya rumit. Padahal pisang bisa langsung dinikmati langsung dengan tangan.

Baca Juga: Tuai Kontroversi, Pakar Etiket Ini Makan Pisang Pakai Pisau dan Garpu!

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com