ADVERTISEMENT

Makanan Warteg Enak

Anies Baswedan hingga Agus Yudhoyono Makan di Warteg, Ini Pilihan Lauknya!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Kamis, 03 Jun 2021 19:30 WIB
Anies Baswedan hingga Agus Yudhoyono Makan di Warteg, Ini Pilihan Lauknya!
Foto: detikcom
Jakarta -

Warteg jadi kegemaran semua orang, termasuk politisi terkenal. Ada Anies Baswedan hingga Agus Yudhoyono yang kedapatan pernah makan di warteg.

Warung Tegal alias warteg identik sebagai tempat makan nasi dengan beragam lauk pauk yang murah meriah. Biasanya warteg jadi penyelamat para pekerja di tanggal tua.

Pasalnya cukup bawa uang Rp10-15 ribu, perut sudah bisa terisi kenyang dengan nasi, sayur, dan lauk. Ternyata penggemar warteg bukan hanya pekerja dan orang biasa. Politisi terkenal ini pun tak segan makan di warteg.

Salah satunya Anies Baswedan yang memang terkenal sering mampir ke warung-warung makan di Jakarta. Lalu ada juga Sandiaga Uno yang pernah makan di warteg bersama istrinya.

Tak ketinggalan Agus Yudhoyono, Djarot Saiful Hidayat, hingga Jokowi dan Megawati yang kala itu makan di warteg di Pulomas. Apa saja ya pilihan lauk mereka?

Berikut detikfood merangkum 5 politisi terkenal yang pernah makan di warteg:

1. Anies Baswedan

Anies Baswedan hingga Agus Yudhoyono Makan di Warteg, Ini Pilihan Lauknya!Anies Baswedan hingga Agus Yudhoyono Makan di Warteg, Ini Pilihan Lauknya! Foto: Fida/detikcom

Anies Baswedan sering keliling Jakarta untuk mencicipi beragam makanan enak. Saat masa kampanye pemilihan gubernur (pilgub) DKI Jakarta tahun 2016, ia terlihat mampir ke warteg di kawasan Kampung Muka, Jakarta Utara.

Anies memesan nasi dengan banyak lauk. Diantaranya rendang, orek tempe basah, orek tempe kering, kerupuk dan siraman kuah sayur. Pilihan minumannya pun layaknya pengunjung warteg lain, teh manis hangat yang sederhana namun nikmat.

Kemudian tahun 2018, saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Anies pernah makan di warteg bareng Sudirman Said. Mereka menyambangi warteg di Jalan Teuku Cik Ditiro, Menteng.

Keduanya memesan nasi dengan lauk yang sama yaitu tahu, tempe, dan ikan. Kemudian ada pelengkap sayur sup serta kangkung. Anies bahkan meminta kangkungnya disajikan terpisah di satu piring agar ia bisa menyantapnya berdua Sudirman Said.

Baca Juga: Dari Balai Kota, Sudirman Said dan Anies Makan di Warteg

2. Agus Yudhoyono

Anies Baswedan hingga Agus Yudhoyono Makan di Warteg, Ini Pilihan Lauknya!Anies Baswedan hingga Agus Yudhoyono Makan di Warteg, Ini Pilihan Lauknya! Foto: Noval Dhwinuari Antony/detikcom

Di tahun 2016, Agus Yudhoyono mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta. Salah satu agenda kampanyenya adalah blusukan ke ke Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Saat blusukan ini, ia sempatkan mampir ke salah satu warteg. Agus memilih tidak makan 'berat', tetapi minum kopi susu dan makan gorengan. Lokasi warteg yang ia sambangi ada di Kampung Jawa, Jalan Masjid Al-Ma'muriyah.

Agus terlihat santai menikmati makanannya. Ia juga menjadi 'tontonan' warga kala itu yang antusias melihat sosoknya secara langsung.

Baca Juga: Ngopi di Warteg, Agus Yudhoyono Dialog dengan Pedagang Pasar Minggu

3. Sandiaga Uno

Anies Baswedan hingga Agus Yudhoyono Makan di Warteg, Ini Pilihan Lauknya!Anies Baswedan hingga Agus Yudhoyono Makan di Warteg, Ini Pilihan Lauknya! Foto: Rengga Sancaya/detikcom

Masih di tahun 2016, politisi lain yang kedapatan makan di warteg adalah Sandiaga Uno. Ia mampir makan di warteg dekat masjid Sunda Kelapa setelah menunaikan salat zuhur.

Kedatangannya kala itu membuat kaget pemilik warung karena tiba-tiba. Ia sempat melihat-lihat ragam lauk yang tersaji di warteg kala itu.

Bersama sang istri, Sandiaga Uno tak segan makan di warteg. Mereka terlihat menikmati nasi, sayur, dan lauk untuk mengisi perut.

Baca Juga: Sandiaga Uno Makan Siang di Warteg

4. Djarot Saiful Hidayat

Anies Baswedan hingga Agus Yudhoyono Makan di Warteg, Ini Pilihan Lauknya!Anies Baswedan hingga Agus Yudhoyono Makan di Warteg, Ini Pilihan Lauknya! Foto: Nathania Riris Michico/detikcom

Tahun 2017, Djarot maju sebagai calon wakil gubernur DKI Jakarta. Salah satu agendanya kala itu adalah menghadiri acara deklarasi dari pendukung Agus-Sylvi.

Setelahnya, Djarot mampir ke warteg dekat Universitas Bina Nusantara (Binus) untuk makan siang. Nama warteg itu adalah Warung Bu Febri. Ia menikmati nasi putih dengan paduan nasi merah.

Untuk lauknya, Djarot memilih tahu-tempe, ikan teri, ikan tongkol, dan sayur asem. Uniknya, saat itu Djarot juga menraktir semua pengunjung warteg yang ada.

Baca Juga: Makan Siang di Warung, Djarot Bikin Geger Mahasiswa Binus

5. Joko Widodo dan Megawati

Anies Baswedan hingga Agus Yudhoyono Makan di Warteg, Ini Pilihan Lauknya!Anies Baswedan hingga Agus Yudhoyono Makan di Warteg, Ini Pilihan Lauknya! Foto: Danu Damarjati/detikcom

Politisi yang pernah makan di warteg selanjutnya adalah Joko Widodo (Jokowi) dan Megawati. Saat itu di tahun 2013, Jokowi tengah menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Keduanya mampir ke Warteg 21 Ma'Djen di kawasan Pulomas, Pulogadung. Kunjungan mereka ke warteg usai menyelesaikan agenda peninjauan Waduk Pluit dan Waduk Ria Rio.

Untuk menunya, Jokowi memilih sayur kacang panjang, terong pedas, dan tempe. Sementara Megawati memilih sayur pare, lele, dan tempe.

Baca Juga: Jokowi: Jangan Sampai Warteg Dipajeki!

(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT