Unik! Harga Kopi di Kafe Ini Berdasarkan Tingkat Kesopanan Pengunjung

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 02 Jun 2021 17:30 WIB
Harga Kopi Sesuai Kesopanan Pengunjung Foto: Reddit, Apost, iStock
Jakarta -

Harga kopi di sebuah kafe biasanya ditentukan berdasarkan biaya produksi. Tapi, berbeda dengan kafe ini, harga kopi ditentukan berdasarkan tingkat kesopanan pengunjung.

Saat ini kopi jadi minuman favorit banyak orang. Bahkan, telah menjadi salah satu gaya hidup baru untuk sebagian orang. Tak heran kalau saat ini banyak coffee shop tersebar di penjuru jalan di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Kopi bisa dinikmati dengan harga yang telah ditentukan. Biasanya secangkir kopi dibanderol harga mulai dari Rp 20 ribuan. Tergantung dari racikan dan tambahan bahan yang diminta pengunjung.

Baca Juga: Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari pada Tubuh

Harga Kopi Sesuai Kesopanan PengunjungHarga Kopi Sesuai Kesopanan Pengunjung Foto: Reddit, Apost, iStock

Dilansir dari Curly Tales (27/5), ada sebuah kafe yang unik dalam menentukan harga kopi. Karena, kafe ini menentukan harga berdasarkan tingkat kesopanan para pelanggannya.

Hal ini terjadi di sebuah kafe bernama Cups Coffee & Tea yang berlokasi di Roanoke, Virginia, Amerika serikat. Pada papan menu yang diletakkan di depan kafe, jumlah harga berdasarkan tingkat kesopanan itu terpampang jelas.

Dalam papan menu tersebut, dituliskan satu menu kopi yang sama dengan 3 harga berbeda. Harga itu akan diberikan berbeda tergantung pelanggan menyebutkan pesanan.

Kalau hanya menyebutkan, "Small Coffee" maka harga yang harus dibayar sebesar $5 (Rp 71 ribu). Beda halnya jika pelanggan menyebutkan, "Small Coffee, please," maka pelanggan itu mendapatkan diskon dan hanya membayar $3 (Rp 43 ribu).

Baca Juga: Kejadian Lagi! Wisatawan Kena Getok Harga di Warkop Puncak

Harga Kopi Sesuai Kesopanan PengunjungHarga Kopi Sesuai Kesopanan Pengunjung Foto: Reddit, Apost, iStock

Ada lagi harga kopi yang lebih murah dan pelanggan harus menyebutkan, "Halo, satu small coffee, please." Kopi itu dibanderol harga jauh lebih murah yaitu $1,75 (Rp 25 ribu).

Foto papan menu yang unik dari Cups Coffee & Tea itu akhirnya viral di Facebook dan Reddit setelah seorang netizen mengunggahnya. Penggagas ide unik ini adalah Austin Simms yang merupakan barista dan pemilik dari Cups Coffee & Tea.

Simms membuat ide unik ini sebagai pengingat untuk pelanggannya kalau harus memperlakukan semua karyawan, mulai dari pelayan, kasir, dan lainnya dengan hormat dan sopan.

Baca Juga: Rachel Goddard Cicip 9 Es Krim Sultan Seharga Rp 310 Ribu!



Simak Video "Yamaha V80 Ini Disulap Jadi Kedai Kopi Tengah Malam"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com