Makanan Warteg Enak

5 Cara Makan Hemat dan Kenyang di Warteg

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 01 Jun 2021 16:00 WIB
Cara Baru Makan di Warteg Warmo Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria
FOKUS BERITA Makanan Warteg Enak
Jakarta -

Warteg memang jadi alternatif tempat makan murah. Kalau ingin selalu berhemat ikuti 5 cara makan hemat di warteg berikut ini. Dijamin kenyang!

Warteg atau Warung Tegal merupakan warung makan yang banyak tersebar di Jakarta dan sekitarnya. Warteg menawarkan menu masakan rumahan dengan harga yang terjangkau. Warung makan satu ini jadi tempat adalan anak kost-an, pekerja kantoran, dan lainnya.

Satu porsi nasi warteg sudah lengkap dengan lauk dan sayur biasanya dibanderol mulai dari harga Rp 8 ribu - Rp 15 ribu saja. Tapi, kalau tidak selektif saat memilih lauk, tak jarang harga makanannya jadi mahal.

Berikut 5 cara makan hemat dan kenyang di warteg.

1. Pilih 1 atau 2 Lauk

Sejumlah protokol kesehatan diterapkan guna mencegah COVID-19. Penerapan protokol kesehatan itu salah satunya juga dilakukan di tempat makan seperti warteg.Warteg Foto: Grandyos Zafna

Warteg tak hanya menawarkan satu atau dua jenis makanan saja. Minimal ada 10 hingga 20 lauk yang tersaji di dalam etalase khas warteg. Terdiri dari sayuran hingga lauk utama dan sambal.

Agar makan di warteg tetap bisa hemat, kamu bisa memilih 1 atau 2 lauk saja. Contohnya makan dengan 1 jenis sayur dan lauk. Seperti sayur labu siam dan lauknya telur dadar. Jangan lupa minta kuah dan sambal agar rasanya lebih mantul.

Baca Juga: Es Dawet Jembut Kecabut, Minuman Khas Purworejo yang Manis Menyegarkan

2. Jangan Pilih Lauk Ayam atau Daging

Aneka lauk ayam banyak tersedia di warteg. Mulai dari ayam goreng, ayam balado, hingga opor ayam. Bahkan lauk dari daging sapi juga tersedia, seperti gulai atau rendang hingga sop iga.

Tapi, biasanya kedua jenis lauk ini memiliki harga yang lumayan mahal di warteg. Kalau ingin hemat, sebaiknya hindari memilih lauk ini.

Sebagai gantinya, kamu bisa memilih lauk ikan goreng atau ikan balado yang lebih murah. Ada juga kikil, oseng kerang, usus ayam, telur, dan tempe tahu goreng yang jauh lebih terjangkau.

3. Pakai Sayur Saja

Warteg Ilham SetiabudiWarteg Ilham Setiabudi Foto: detikFood

Kalau keuangan sedang menipis, makan di warteg adalah solusi terbaik. Untuk lebih menghemat pengeluaran makan, kamu bisa memesan nasi dengan sayuran saja.

Karena harga sayuran di warteg jauh lebih murah. Biasanya dibanderol harga mulai dari Rp 2 ribu - Rp 4 ribu saja. Kamu bisa memesan 2 sampai 3 jenis sayur dengan porsi sedikit.

Contohnya bisa memesan nasi dengan lauk terong balado, sayur sop, dan cah tauge tahu. Alternatif lain kamu bisa memesan capcay, oseng jamur, dan oseng kangkung. Lauk tempe dan tahu juga murah harganya.

Baca Juga: 20 Kwetiau Goreng Halal Ada di Sini!

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Warteg Legendaris Gang Mangga: Satu Sendok Petai Harganya Rp 15 Ribu!"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Makanan Warteg Enak
FOKUS BERITA Makanan Warteg Enak

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com