Sedih! Pedagang Kecil Ini Dapat Orderan Fiktif 4 Porsi Cilok

Riska Fitria - detikFood Selasa, 01 Jun 2021 17:00 WIB
Sedih! Pedagang Kecil Ini Dapat Orderan Fiktif 4 Porsi Cilok Foto: TikTok @elma_bakulcilok
Jakarta -

Orderan fiktif kembali terjadi. Kali ini dialami oleh seorang wanita penjual cilok. Ia ditipu oleh orang tak bertanggung jawab yang berpura-pura memesan lewat whatsapp.

Orderan fiktif tidak hanya sering dialami oleh driver ojek online, tetapi juga para penjual makanan. Tentu saja hal tersebut sangat merugikan, apalagi mereka yang hanya pedagang kecil.

Seperti yang dialami oleh wanita penjual cilok di Natar, Lampung Selatan. Wanita bernama Elma Nur Mela tersebut menceritakan pengalamannya ketika mengalami orderan fiktif lewat video TikTok @elma_bakulcilok.

Baca Juga : Duh, Resto Ini Rugi Rp 1,7 Juta karena Orderan Fiktif!

Sedih! Pedagang Kecil Ini Dapat Orderan Fiktif 4 Porsi CilokSedih! Pedagang Kecil Ini Dapat Orderan Fiktif 4 Porsi Cilok Foto: TikTok @elma_bakulcilok

"Buat orang yang udah nipu order cilok empat porsi, memang gak seberapa harganya. Tapi berharga buat kami. Tapi jangan permainkan kami hanya pedagang kecil-kecilan," tulisnya dalam caption.

Kepada detikcom (31/05) Elma menceritakan bahwa kejadian itu belum lama ini dialami. Berawal dari ada seseorang yang memesan ciloknya melalui whatsapp. Orang tersebut memesan sebanyak empat porsi.

Elma pun langsung menyiapkan pesanan dan menuju ke sebuah lokasi yang sudah disepakati bersama. Terlihat dalam video, ia juga mengajak anaknya yang masih kecil untuk mengantarkan pesanan cilok tersebut.

Sedih! Pedagang Kecil Ini Dapat Orderan Fiktif 4 Porsi CilokSedih! Pedagang Kecil Ini Dapat Orderan Fiktif 4 Porsi Cilok Foto: TikTok @elma_bakulcilok

Namun, setelah satu jam menunggu pembeli tersebut tak kunjung datang. Padahal sebelumnya, ia telah mengabarkan bahwa ia sudah di jalan menuju lokasi. Karena tak kunjung datang juga, akhirnya Elma pun kembali pulang.

"Bilangnya suruh tunggu dengan alasan sudah di jalan. Tapi gak dateng juga, saya udah nunggu satu jam lho," ujarnya.

Lebih lanjut, Elma juga mengatakan bahwa seporsi cilok miliknya dibanderol seharga Rp 5.000. Jadi, dengan empat porsi tersebut, Elma mengalami kerugian sekitar Rp 20.000.

Mungkin bagi sebagian orang jumlah itu masih terbilang kecil. Namun, bagi pedagang kecil seperti Elma tentu saja itu sangat berarti. Kemudian Elma memutuskan untuk membagikan empat porsi cilok tersebut ke orang lain.

"Dan akhirnya cilok empat porsi itu aku kasihin tetangga dan keponakanku saja, karena mubazir juga gak ada yang makan," tutur Elma.

Sedih! Pedagang Kecil Ini Dapat Orderan Fiktif 4 Porsi CilokSedih! Pedagang Kecil Ini Dapat Orderan Fiktif 4 Porsi Cilok Foto: TikTok @elma_bakulcilok

Elma sendiri mengaku sudah berjualan cilok selama 3 tahun. Selama berjualan, ia baru kali ini mengalami orderan fiktif. Ia mengatakan bahwa kejadian ini dijadikan pembelajaran agar lebih hati-hati saat mendapat orderan online.

Videonya pun ramai ditanggapi oleh netizen. Banyak netizen yang memberi dukungan kepada Elma. Tak sedikit juga yang merasa salut karena ia memutuskan untuk membagikan cilok sebagai sedekah.

"Mudah-mudahan diganti dengan rezeki yang lebih banyak aamiin," tulis netizen.

"Semoga Allah akan mengganti dengan rezeki yang berlipat-lipat ganda ya mbak," tulis netizen lainnya.

Baca Juga : Curhatan Wilandini Diteror 11 Order Fiktif Makanan dalam Sehari!



Simak Video "Icip-icip Cilok Goang yang Hits di Subang"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com