Imbas Pandemi, Petani Ini Bagikan 20 Ton Semangka Gratis

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 29 Mei 2021 18:00 WIB
petani bagikan 20 ton semangka karena imbas pandemi Foto: dok. Harian Metro
Jakarta -

Pandemi masih berlangsung, hal ini membuat petani semangka di Malaysia terkena imbasnya. Karena takut terbuang sia-sia, petani ini membagikan semangka gratis.

Pandemi Covid-19 masih berlangsung di sejumlah negara hingga sekarang. Akibatnya banyak sektor yang merugi, salah satunya dari pertanian.

Dilansir dari Says (24/5), petani di Pahang, Malaysia merugi karena hasil panen semangkanya tidak laku terjual. Karena tak ingin semangka itu terbuang sia-sia, maka petani ini membagikannya secara gratis.

petani bagikan 20 ton semangka karena imbas pandemipetani bagikan 20 ton semangka karena imbas pandemi Foto: dok. Harian Metro

Baca Juga: Beli Makanan Hampir Kadaluwarsa Sedang Tren di China

Tak hanya satu petani saja, Asri Yaakob seorang petani semangka mengatakan kepada Harian Metro kalau ada 8 petani yang melakukan hal tersebut. Petani ini mengelola ladang semangka sebesar 4000 - 8000 meter persegi.

"Walaupun kita merugi, semua petani di sini menerima nasib mereka dan berharap kalau akan ada orang yang datang dan megambil buah semangka jadi tidak ada yang terbuang," kata Asri dalam video yang dibagikan oleh Harian Metro.

petani bagikan 20 ton semangka karena imbas pandemipetani bagikan 20 ton semangka karena imbas pandemi Foto: dok. Harian Metro

Para petani ini menanam semangka mereka mulai dari awal tahun 2021 dan berharap pada bulan Ramadhan bisa panen dan menjual semuanya. Tapi, ternyata penjualan mereka tidak laku keras.

Sebelum pandemi berlangsung, biasanya para petani bisa mengumpulkan banyak uang dari hasil jualan semangka. Uang itu biasanya mereka gunakan untuk persiapan Hari Raya Idul Fitri, seperti halnya membelikan baju baru untuk anak mereka.

Baca Juga: Ini 5 Chinese Food Enak di Jakarta Selatan yang Wajib Dikunjungi!

"Siapapun yang ingin makan semangka, bisa datang ke ladangku," ujar Asri.

"Ambil sebanyak yang kamu mau dan bisa juga kamu berikan ke tetangga, jadi hasil panen ini tidak terbuang begitu saja," lanjutnya.

Jumlah semangka yang mereka panen ada sekitar 20 ton buah. Semuanya akan mereka bagikan secara sukarela, namun jika ada yang ingin menyisihkan berapapun uang tetap akan mereka terima.

Baca Juga: Kisah Sukses 4 Crazy Rich Indonesia yang Pernah Jualan Makanan



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Jala Semangka Enak dan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com