Ini Sebabnya Teh Putih Mahal Harganya dan Kaya Khasiat

Riska Fitria - detikFood Selasa, 25 Mei 2021 15:30 WIB
Ini Sebabnya Teh Putih Mahal Harganya dan Kaya Khasiat Foto: iStock
Jakarta -

Teh putih atau white tea semakin diminati banyak orang khususnya pecinta teh. Teh putih tersebut dikenal dengan harganya yang mahal dan kaya akan khasiat.

Teh merupakan minuman yang terbuat dari tanaman Camellia sinensis. Teh memiliki berbagai macam, yaitu teh hitam, teh oolong, teh hijau, teh putih dan lainnya. Salah satu yang menarik adalah teh putih.

Dikatakan menarik sebab teh putih tersebut dibanderol dengan harga yang tinggi. Hal tersebut disampaikan oleh Dr. Rohayati Suprihatini selaku Ahli Peneliti Utama PT Riset Perkebunan Nusantara dalam Krista Webinar (21/05).

Baca Juga : Suka Minum Teh? Ini 6 Jenis Teh Populer dan Jumlah Kalorinya

Ini Sebabnya Teh Putih Mahal Harganya dan Kaya KhasiatIni Sebabnya Teh Putih Mahal Harganya dan Kaya Khasiat Foto: iStock

Teh putih diambil dari pucuk tanaman teh yang termuda atau masih dalam keadaan menggulung dan belum menjadi daun utuh. Bagian puck termuda itu masih berwarna putih dan diselimuti dengan bulu halus.

Pucuk daun tersebut kemudian dikeringkan. Saat dikeringkan, pucuk muda itu tidak berubah warna menjadi kecoklatan, tetapi tetap berwarna putih keperakan. Karena itulah jenis teh ini disebut teh putih. Atau 'silver needle' karena seperti jamur perak.

Teh putih ini diyakini berasal dari China dan sudah ada sejak Dinasti Song (1279-690 SM). Awalnya teh jenis ini hanya dikonsumsi oleh kaisar dan keluarga kerajaan dan menjadi resep rahasia kerajaan.

Ini Sebabnya Teh Putih Mahal Harganya dan Kaya KhasiatIni Sebabnya Teh Putih Mahal Harganya dan Kaya Khasiat Foto: iStock

Pada sekitar tahun 1981, China mulai mengekspor komoditi teh putih ini sehingga tersebar ke berbagai negara termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri teh putih mulai dikembangkan pada tahun 1878.

Salah satu daerah yang gencar membudidayakan teh putih di Indonesia adalah daerah Gemboeng, Jawa Barat. Teh putih Indonesia kemudian mendapat pengakuan dari The International Society of Antioxidant and Nutrition and Health, Paris.

Dilansir dari unggahan Instagram Kementerian Pertanian RI, harga teh putih ini berkisar antara Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta rupiah per kilogramnya. Ada beberapa alasan mengapa teh ini dijual dengan harga tinggi.

Dr. Rohayati Suprihatini menyebut kalau teh putih kaya akan khasiat kesehatan. Itu karena kandungan antioksidannya sangat tinggi bahkan lebih tinggi dibandingkan jenis teh lainnya, yakni sekitar 11, 1-25,6 persen.

Ini Sebabnya Teh Putih Mahal Harganya dan Kaya KhasiatIni Sebabnya Teh Putih Mahal Harganya dan Kaya Khasiat Foto: iStock

Lebih lanjut ada banyak khasiat yang didapatkan jika rutin mengonsumsi teh putih. Mulai dari menurunkan kadar gula darah, kolesterol, kadar lemak, hingga meningkatkan fungsi jantung.

Menariknya lagi, teh putih juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kecantikan bagi kaum perempuan. Rutin mengonsumsi teh putih bisa menghindari dari penuaan dini, menjaga kelembaban kulit dan mengurangi kerutan.

Bukan hanya karena khasiatnya saja, alasan teh putih harganya lebih mahal adalah karena pucuk termuda tanaman teh persediaannya terbilang terbatas. Selain itu, teh putih juga melewat proses khusus yang membuat aroma dan rasanya unik dan khas.

Baca Juga : Begini 6 Cara Minum Teh untuk Kecilkan Perut



Simak Video "Bikin Laper: Pedas Menggugah Dori Sambal Matah"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com