Cara Buat Kuah Bakso Sapi yang Gurih dan Mantap

Kristina - detikFood Selasa, 25 Mei 2021 11:00 WIB
Bakso Sapi PSP Pontianak Foto: detikfood
Jakarta -

Bakso merupakan makan favorit dari berbagai kalangan. Makanan yang berbentuk bulat dengan tekstur kenyal ini mudah ditemukan hampir setiap wilayah di Indonesia.

Dikutip dari buku 'Panduan Sukses Berbisnis Bakso' oleh Qomariyyun Najmil, perkembangan bisnis bakso berawal dari pedagang bakso kuah gerobak keliling. Jenis bakso yang pertama kali berkembang adalah bakso daging sapi. Bakso jenis ini dirasa bisa diterima oleh sebagian besar lidah orang Indonesia.

Baru kemudian muncul warung bakso ala kaki lima. Bisnis bakso ala gerobak ini dimulai dari beberapa daerah sentra bakso. Di Indonesia, ada tiga sentra bakso kuah yang terkenal hingga saat ini. Antara lain kota Solo, Malang, dan Wonogiri.

Berbicara tentang bakso, ternyata kuah bakso yang gurih dan nikmat dapat menggugah selera makan, lho. Berikut cara membuat kuah bakso sapi rumahan yang mudah dan dijamin mak nyus.

Ada banyak resep yang bisa menghasilkan kuah bakso gurih dan mantap. Salah satunya perpaduan daging dan lemak sapi:

1. Pilih daging sapi dengan lapisan lemak seperti sandung lamur atau tetelan daging sapi dengan potongan lemak sebagai bahan pembuat kaldunya.

2. Rebus daging dan lemak hingga mendidih.

3. Buang air rebusan beserta kotorannya dan rebus kembali daging dan lemak dengan air secukupnya. Rebus sampai daging empuk.

4. Siapkan bumbu kuah bakso seperti bawang putih, merica, dan daun bawang. Tumis bawang putih cincang secukupnya. Lalu masukkan dalam kaldu. Tambahkan merica butiran dan beberapa batang daun bawang yang sudah diiris kasar.

5. Lanjutkan merebus sampai kaldu susut hingga seperempat bagian. Lalu angkat.

6. Setelah agak dingin, saring kaldu daging. Setelah itu tambahkan garam. Garam ditambahkan belakangan untuk menghindari kuah terlalu asin.

Selain tips di atas, kamu juga bisa membuat kuah kaldu bakso dari campuran iga sapi yang sudah digiling. Lalu tambahkan dengan bumbu bawang putih, garam, lada bubuk, gula, bawang seledri, bawang goreng dan juga sedikit gula.

Itulah cara membuat kuah bakso sapi. Kaldu bakso dengan daging dan lemak memiliki warna yang sedikit keruh dan kecoklatan. Tapi, rasanya lebih gurih dibandingkan kaldu tulang.



Simak Video "Bikin Laper: Unboxing Bakso Tumpeng di Kemang"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com