Kuliner Jakarta Selatan

Ada Tempat Nongkrong, Ngopi hingga Makan Burger Enak Sepanjang Hari

Riska Fitria - detikFood Senin, 24 Mei 2021 16:00 WIB
Ada Tempat Nongkrong, Ngopi hingga Makan Burger Enak Sepanjang Hari Foto: iStock
Jakarta -

Jakarta Selatan disebut-sebut sebagai surganya tempat nongkrong anak-anak milenial. Mulai dari warung makan kaki lima, restoran unik hingga kafe cantik, semuanya ada

Istilah 'Anak Jaksel' belakangan ini tengah ramai sebagai bahan candaan. Awalnya istilah itu digunakan untuk mendiskripsikan kebiasaan anak-anak muda yang tinggal di kawasan Jakarta Selatan dalam berkomunikasi.

Kebanyakan anak Jaksel sering berkomunikasi dengan campuran bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Istilah itu lalu melebar dipakai bukan hanya untuk menyebut gaya berkomunikasinya, tetapi juga gaya hidup seperti kulineran misalnya.

Baca Juga : 5 Tempat Makan Bakso Enak Rp 15 Ribu di Jakarta Selatan

Pujasera MelawaiPujasera Melawai Foto: Dyah Paramita Saraswati/detikcom

Maka tak heran kini juga muncul istilah-istilah serupa seperti 'Kuliner anak Jaksel' atau 'Tempat Nongkrong anak Jaksel'. Nah, bicara soal kuliner di kawasan Jakarta Selatan memang punya banyak tempat-tempat menarik.

Mulai dari Kebayoran, Panglima Polim, Melawai, Setiabudi, Cilandak, Jagakarsa, Pasar Minggu, Mampang dan masih banyak lagi. Kalau mau jajan kaki lima, ada warung-warung makan yang terkenal legendaris.

Seperti Gulai Tikungan, Sate Sambas hingga kawasan Blok M. Bahkan daerah-daerah tersebut dikenal sebagai tempat anak-anak muda berpacaran. Kalau ingin ngopi cantik, di Jakarta Selatan juga banyak kafe dengan berbagai konsep.

Ada Tempat Nongkrong, Ngopi hingga Makan Burger Enak Sepanjang HariAda Tempat Nongkrong, Ngopi hingga Makan Burger Enak Sepanjang Hari Foto: iStock

Mulai dari kafe outdoor, vintage, retro, industrial dan rooftop. Biasanya kafe-kafe rooftop bertempat di hotel-hotel. Kafe rooftop tersebut tentunya menawarkan pemandangan dari atas ketinggian.

Nah, kafe rooftop tersebut juga tak kalah menarik perhatian para anak-anak milenial. Selain untuk kulineran dan ngopi, banyak juga anak muda yang menyempatkan untuk berfoto OOTD di kafe rooftop.

Bukan hanya itu, kini marak bermunculan restoran dan kafe yang disebut hidden gems karena lokasinya yang menyempil. Meski begitu, kafe hidden gems sering diminati khususnya bagi mereka yang ingin suasana nyaman tanpa hiruk pikuk.

KFC Naughty by Nature: Menu Sehat Paduan Salad dan Fried ChickenKFC Naughty by Nature: Menu Sehat Paduan Salad dan Fried Chicken Foto: detikFood/Riska Fitria

Beranjak ke Senopati dikenal sebagai kawasan elit di mana banyak terdapat restoran dan kafe-kafe mewah dan berkelas tinggi. Menu-menu yang ditawarkan pun beragam, dan kebanyakan bergaya Western.

Namun jangan salah, Jakarta Selatan juga punya tempat jajan yang terkenal murah meriah. Salah satu areanya ada di kawasan Pancoran. Di sana terdapat warung sate, bakso, gudeg, kembang tahu dan mie ayam yang rasanya bikin nagih.

Oya, tak ketinggalan juga area-area pujasera atau foodcourt hits yang jadi tempat nongkrong anak milenial. Seperti Kuliner Rahayu, Rasuna Garden, Crumble Crew, 60 Common House, Pelaspas lengkap dengan live musik juga.

Nah, di ulasan detikFood kali ini akan membahas tentang kuliner Jakarta Selatan. Kami akan memberikan rekomendasi tempat nongkrong hits dan tempat kuliner yang sayang untuk dilewatkan. Karenanya pantau terus detikFood ya!

Baca Juga : Di Jakarta Barat Bisa Makan Enak di Resto Legendaris dan Kafe Kekinian



Simak Video "Puas Jajan di Jakarta Selatan Cukup dengan Rp 30 Ribu Saja"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com