Mulia! Pria Ini Masak Nasi Biryani Ayam Untuk Beri Makan Kucing dan Anjing Liar

Sonia Basoni - detikFood Senin, 24 Mei 2021 13:30 WIB
Mulia! Pria Ini Masak Nasi Biryani Ayam Untuk Beri Makan Kucing dan Anjing Liar Foto: News18
Jakarta -

Di tengah wabah COVID-19 di India, pria ini rela memasak nasi ayam biryani untuk 190 kucing dan anjing jalanan. Tujuannya agar mereka tidak mati kelaparan.

Angka kasus positif COVID-19 yang terus bertambah, membuat pemerintah India melakukan lockdown untuk kesekian kalinya. Tapi pria asal Nagpur ini justru tetap mementingkan kelangsungan hidup ratusan kucing dan anjing liar di jalanan.

Baca Juga: Duh! Makan Sup Penis Macan hingga Daging Monyet Bisa Memicu Virus Baru

Dilansir dari News18 (24/05), pria bernama Ranjeet Nath ini setiap harinya memasak sekitar 40 kilogram nasi biryani. Ia menggunakan daging ayam untuk meracik hidangan ini.

Nasi biryani ini ia masak bukan untuk jualan, melainkan diberikan secara gratis ke 190 anjing dan kucing liar yang ditemuinya di Nagpur.

Mulia! Pria Ini Masak Nasi Biryani Ayam Untuk Beri Makan Kucing dan Anjing LiarMulia! Pria Ini Masak Nasi Biryani Ayam Untuk Beri Makan Kucing dan Anjing Liar Foto: News18

Bukan tanpa alasan Ranjeet melakukan semua ini. Ia sadar semenjak lockdown, orang-orang harus berada di rumah. Restoran, tempat makan, kafe hingga penjual kaki lima tutup.

Karenanya kucing dan anjing liar ini tidak bisa mendapatkan makanan sisa. Ia bahkan memanggil mereka sebagai anak-anaknya.

"Saya biasanya mulai sibuk masak itu pada hari rabu, minggu dan jumat. Setiap masak saya membuat 30-40 kilogram nasi biryani untuk anjing dan kucing. Mereka sudah saya anggap seperti anak sendiri sekarang," lanjut Ranjeet.

Biasanya ia memulai persiapan masak nasi biryani pada siang hari. Setelah bahan dan bumbu sudah siap, ia melanjutkan memasak sampai matang.

Kemudian sekitar jam 5 sore ia menuju ke 10-12 lokasi tempat di mana banyak kucing dan anjing liar berkumpul. Ia menggunakan sepeda sederhananya, lalu membawa beberapa wadah untuk alas makan hewan-hewan tersebut.

Ia juga memastikan setiap hewan mendapatkan porsi nasi yang cukup. Agar mereka tidak rebutan makanan.

"Ketika mereka melihat saya, semuanya langsung berlari ke arah saya," tuturnya dengan bangga.

Mulia! Pria Ini Masak Nasi Biryani Ayam Untuk Beri Makan Kucing dan Anjing LiarMulia! Pria Ini Masak Nasi Biryani Ayam Untuk Beri Makan Kucing dan Anjing Liar Foto: News18

Ranjeet merasa bahagia melakukan semua ini meski harus mengeluarkan biaya yang banyak. Tapi ia berjanji akan terus melakukannya hingga akhir hayatnya.

Tak hanya kucing dan ajing saja, jika ada hewan liar lainnya yang mendekat, Ranjeet akan memberikan mereka makan tanpa membeda-bedakannya.

Meski dimasak bukan untuk manusia, tapi Ranjeet memastikan bahwa semua bahan yang ia gunakan sangat bersih dan terjamin. Ia menggunakan banyak tulang ayam, karena lebih digemari anjing dan kucing.

Selain itu harga tulang ayam jauh lebih murah, dibandingkan potongan dagingnya. Sampai saat ini semua pengeluaran masih menggunakan uang pribadinya. Tapi ia membuka pintu bagi orang-orang yang mau berdonasi.

Baca Juga: 10 Aksi Kebaikan Orang yang Memberi Makan Hewan Liar Selama Lockdown



Simak Video "Manis Legit Lapis India Khas Banjarmasin"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com