Sudachi, Jeruk Nipis Jepang yang Kecut Unik Ini Dipakai di Restoran Mewah

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 21 Mei 2021 16:30 WIB
Sudachi, Jeruk Nipis Jepang yang Kecut Unik Ini Dipakai di Restoran Mewah Foto: istock

Cara Mendapatkan dan Manfaatnya

Sudachi cukup sulit untuk didapatkan di luar Jepang. Tetapi kamu bisa membeli sebotol air perasan murni sudachi dari Jepang secara online dengan ukuran 147 ml.

Sebotol air perasan sudachi biasanya dijual sekitar Rp. 133 ribu. Sebotol sudachi ini cukup untuk ditambahkan dalam masakan seperti ikan dan ayam bakar, sashimi, ayam goreng, hidangan mie dan hidangan lainnya.

Seperti kebanyakan jeruk yang asam, sudachi mengandung banyak vitamin C dan potasium pada bagian kulitnya. Bahkan pada kulitnya terkandung juga nutrisi vitamin A, E, kalsium, zat besi, magnesium dan serat.

Biasanya warga Jepang mengonsumsi buah ini secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya berupa mengurangi sakit kepala, mengendalikan gula darah serta membantu penyerapan kalsium. Jika dimasukan ke dalam pola akan rutin, sudachi dapat membantu meningkatkan imunitas, memperbaiki sirkulasi darah serta meringankan inflamasi.

Sudachi, Jeruk Nipis Jepang yang Kecut Unik Ini Dipakai di Restoran MewahSudachi, Jeruk Nipis Jepang yang Kecut Unik Ini Dipakai di Restoran Mewah Foto: istock

Cara Menggunakan Sudachi

Air perasan sudachi bisa digunakan pada banyak masakan, salah satunya digunakan seperti kecap asin, air perasan jeruk nipis atau cuka. Sudachi juga bisa ditambahkan pada saus, saus siraman salad, saus celupan hingga untuk memarinasi bahan makanan dan campuran hidangan manis.

Sudachi juga bisa ditambahkan dalam coktail atau minuman tanpa alkohol atau soda untuk mengurangi campuran gula dalam minuman. Di Tokushima, sudachi mudah sekali ditemukan dalam bentuk jus, sari buah atau bahkan wine.

Di toko yang menjual bahan makanan Asia, sudachi akan sangat mudah ditemukan dalam bentuk buah utuh. Sudachi secara utuh bisa digunakan baik air perasan maupun parutan kulitnya untuk campuran makanan.

Sudachi bahkan terkenal di Jepang sebagai campuran hidangan mie yang disajikan dengan irisan sudachi di atasnya. Sudachi akan bertahan kesegarannya selama 2 minggu jika disimpan di dalam kulkas atau dibekukan air perasannya untuk waktu yang lebih lama.

Baca Juga: Jeruk Bali dan Jeruk Nipis Bisa Membantu Penurunan Berat Badan

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Bikin Laper: Viral Nasi Babat yang Bikin Geger di Sidoarjo"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com