Yuzu, Jenis Jeruk Baru yang Bernutrisi dari Jepang

- detikFood Senin, 28 Okt 2013 14:01 WIB
Foto: Daily Mail / whiteonricecouple.com
Jakarta - Buah jeruk disukai karena rasanya yang manis asam dan nutrisinya yang hebat. Berbagai jenis jeruk yang umum ditemui antara lain, jeruk bali, jeruk nipis, dan jeruk kupas. Jeruk-jeruk tersebut diketahui bisa membantu menurunkan berat badan.

Selain ketiga jenis jeruk diatas, jeruk Yuzu yang berasal dari Jepang juga tak kalah bernutrisi. Yuzu diprediksi akan menjadi superfruit tahun 2014 mendatang.

Seperti dilansir dari Daily Mail (28/10/2013), yuzu mendapat gelar sebagai buah terseksi di dunia dan buah kesayangan para koki. Yuzu yang berasal dari Jepang diprediksi akan sepopuler jeruk navel yang mudah ditemui dimana-mana.

Cita rasa yuzu merupakan gabungan antara lemon, jeruk mandarin, dan jeruk bali. Kini yuzu mulai diterima sebagai bumbu masakan Barat. Buah berwarna kuning ini digunakan sebagai perasa bir, permen karet, cuka, hingga cocktail.

Di Inggris, yuzu bisa dibeli di toko-toko bahan makanan Asia. Namun awal tahun depan, yuzu diharapkan bisa ditemui di berbagai supermarket besar di sana.

Bukti diterimanya yuzu terlihat dari menu restoran Yo! Sushi. Dalam menu terbarunya di akhir November mendatang, Yo! Sushi menyuguhkan sashimi berupa irisan tipis salmon premium dengan salsa tart yang terbuat dari yuzu.

“Yuzu terlihat seperti jeruk dan rasanya mirip floral lime. Yuzu mengandung tiga kali lebih banyak vitamin C dari lemon, sehingga menjadikan hidangan ini super sehat,” ujar Mike Lewis selaku executive chef Yo! Sushi.

Tak ketinggalan, Jamie Oliver memiliki resep home-made untuk membuat yuzu mayo sebagai saus kerang panggang. Nigel Slater juga menggunakan saus yuzu untuk menu kepiting dan selada apel buatannya.

Beragam menu cokelatpun bisa ditambahkan yuzu. Pembuat cokelat, William Curley menggunakan yuzu segar dalam cokelat couture buatannya. Curley juga mengolah yuzu yang sudah dimasak menjadi praline tart.


(dni/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com